5G Bikin Download COD Mobile 2,7 GB Cuma 2 Menit

5G Bikin Download COD Mobile 2,7 GB Cuma 2 Menit

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 08 Jun 2021 20:41 WIB
5G
Membandingkan download COD Mobile di 5G dan 4G. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Kehadiran jaringan 5G memberi banyak manfaat bagi kehidupan manusia, salah satunya koneksi yang super ngebut. Alhasil bikin download game besar semacam Call of Duty: Mobile bisa dalam waktu singkat.

Setidaknya itu hasil pembandingan yang dilakukan detikINET. Pada Selasa (8/6/2021) kami menguji menggunakan perangkat Oppo Reno5 5G dengan koneksi 5G dan 4G milik Telkomsel untuk men-download COD Mobile berukuran 2,7 GB di Play Store.

Jelas dengan koneksi 5G, game tersebut dapat kelar terunduh dalam waktu singkat. Namun ketika dibandingkan dengan 4G, perbedaannya cukup signifikan.

Dengan koneksi 5G, Call of Duty: Mobile kelar didownload hanya dalam waktu 2 menit saja. Sementara dengan koneksi 4G, butuh waktu 15 menit untuk game besutan Garena itu rampung terunduh.

Pengujian tidak berhenti di situ, kami sempat mendownload file video berukuran 337 MB dari Google Drive. Butuh waktu 1 menit 50 detik agar file tersebut dapat terunduh di jaringan 4G.

Sementara di koneksi 5G, sangat singkat. Hanya 56 detik saja untuk file video tersebut dapat ter-download ke dalam perangkat.

Biar makin komplit, file yang tadi didownload kemudian di-upload ke Google Drive. Lagi-lagi jaringan 5G memberikan durasi yang singkat, hanya butuh 3 menit 40 detik.

Bandingkan dengan koneksi 4G yang butuh setidaknya 4 menit 48 detik untuk file dapat ter-upload ke penyimpanan cloud milik Google.



Simak Video "Berapa Harga Paket 5G Telkomsel?"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)