Review UGREEN Power Delivery Fast Charger GaNX 65W

Review UGREEN Power Delivery Fast Charger GaNX 65W

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 11 Jun 2021 12:11 WIB
UGREEN Power Delivery Fast Charger GaNX 65W
Review UGREEN Power Delivery Fast Charger GaNX 65W. Foto: Rachmatunnisa/detikcom
Jakarta -

Dibandingkan beberapa tahun lalu, port USB-C sekarang semakin umum digunakan berbagai perangkat portable. Tapi dengan banyaknya perangkat yang kompatibel dengan jenis port ini, ketersediaan colokan listrik untuk mengisi ulang baterainya juga jadi terbatas. Nah, charger dengan banyak port jadi solusinya.

Salah satu brand yang menawarkan solusi ini adalah UGREEN, yang lumayan dikenal sebagai pembuat aksesoris gadget dengan kualitas yang baik. Produk mereka, Power Delivery Fast Charger GaNX 65W menghadirkan empat port yang terdiri dari 3 port USB-C dan 1 port USB-A. Yuk, kita lihat apa yang ditawarkan produk ini.

UGREEN Power Delivery Fast Charger GaNX 65WFoto: Rachmatunnisa/detikcom

Kelengkapan

Dalam kotak kemasan kita mendapatkan satu unit charger dan buku petunjuk. Tidak ada kabel USB di sini, jadi kalau perlu kabel USB tambahan, kalian perlu membeli secara terpisah.

Perlu diperhatikan, jika perlu membeli kabel tambahan, pastikan kabel sudah mendukung pengisian cepat. Tapi pada dasarnya, port charger kompatibel dengan semua kabel USB bawaan dari perangkat kalian.

UGREEN Power Delivery Fast Charger GaNX 65WFoto: Rachmatunnisa/detikcom

Desain

Ukuran charger pas dalam genggaman tangan, ringan, dan cukup mungil sehingga tidak makan tempat jika perlu dibawa ke mana-mana.

Build quality charger oke. Materialnya dari polycarbonate, ada motif garis-garis pada bodi-nya yang sekaligus memunculkan tekstur di permukaannya sehingga tidak licin. Warnanya hitam matte jadi tidak mudah kotor oleh bekas sidik jari.

UGREEN menyediakan pilihan berbagai jenis colokan sesuai standar masing-masing negara. Yang digunakan detikINET tentu saja colokan dua yang menjadi standar Indonesia.

Charger ini bukan universal adapter yang kepala chargernya bisa diganti-ganti (interchangeable) ya. Jadi pastikan kalian memilih colokan yang sesuai.

UGREEN Power Delivery Fast Charger GaNX 65WFoto: Rachmatunnisa/detikcom

Spesifikasi

Charger dibekali empat port fast charging, terdiri dari 1 port USB-A dan 3 port USB-C. Sesuai namanya, UGREEN Power Delivery Fast Charger punya power terbilang besar, yaitu 65 watt. Tapi setiap port punya kemampuan mengeluarkan daya yang berbeda.

Daya port USB-C pertama dan kedua mampu melakukan pengisian daya hingga maksimal 65 watt, port USB-C ketiga bisa menghasilkan hingga 24 watt, dan satu-satunya port USB-A pada charger dapat mengisi daya hingga 22,5 watt. Detailnya bisa dilihat di bagian belakang perangkat atau kotak kemasan.

Produk ini menyertakan label GaN X pada spesifikasinya. Berdasarkan informasi di website resmi UGREEN, label ini bukan sekadar embel-embel, melainkan sebuah teknologi charger berupa chip Gallium Nitride (GaN). Simpelnya, GaN adalah semiconductor yang diklaim bisa menghantarkan daya secara lebih efisien, lebih cepat, juga dengan output yang lebih besar. Chip ini juga menjaga suhu tetap dingin dan stabil, sehingga charger tidak cepat panas.

UGREEN Power Delivery Fast Charger GaNX 65WFoto: Rachmatunnisa/detikcom

Halaman selanjutnya: Pengujian, harga dan kesimpulan....



Simak Video "Mi 11 Ultra, Sang Penantang Flagship Samsung dan iPhone"
[Gambas:Video 20detik]