Review Poco X3 Pro: Paling Kencang di Kelas Rp 3 Jutaan

Review Poco X3 Pro: Paling Kencang di Kelas Rp 3 Jutaan

Galih Prasetyo - detikInet
Rabu, 12 Mei 2021 18:10 WIB
Unboxing Poco X3 Pro
Poco X3 Pro. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Xiaomi merilis HP baru dari sub-brand mereka Poco yakni Poco X3 Pro. Smartphone penerus Poco X3 NFC ini ditawarkan dengan harga yang menggiurkan yakni Rp 3 jutaan.

Dengan harga mulai Rp 3 Jutaan, Poco X3 Pro menawarkan sesuatu yang lebih untuk handphone kelas menegah mulai dari dukungan Snapdragon 860, layar dengan refresh rate 120Hz hingga sertifikat IP53 yang tahan debu dan cipratan air.

detikINET akan me-review unit Poco X3 Pro dengan RAM 8 GB dan storage 256GB. Seperti apa performanya? Berikut reviewnya:

Desain

Poco X3 Pro mengusung desain dual texture pada bagian belakang, Poco menyebutnya dengan desain 'Reflective Chrome'. Area tengah terdapat logo Poco yang akan memantulkan warna pelangi ketika terkena cahaya, sementara area samping menggunakan 'metalic texture'.

Unboxing Poco X3 ProPoco X3 Pro Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Kamera belakangnya ada empat, dirangkai secara simetris dan unik dengan satu flash LED. Secara keseluruhan desain bagian belakang tidak berbeda dengan pendahulunya Poco X3 NFC.

Unboxing Poco X3 ProPoco X3 Pro Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Poco memberikan tiga pilihan warna untuk X3 Pro, yakni Frost Blue, Phantom Black dan Metal Bronze. Unit yang diterima detikInet berwarna Metal Bronze

Pada sisi kanan terdapat tombol power yang digabungkan dengan sensor sidik jari serta tombol volume up dan down. Sedangkan di sisi kiri terdapat slot kartu SIM yang mendukung penggunaan SIM pada slot 1 dan Hybrid (SIM atau Micro SD) pada Slot 2.

Poco X3 Pro dibekali dual speaker di bagian atas dan bawah. Selain speaker, di sisi bawah terdapat mic, jack audio 3.5mm dan port USB Type C.

Di sisi atas terdapat speaker serta IR Blaster yang berfungsi sebagai remote untuk perangkat elektronik seperti TV dan AC.

Memiliki dimensi 165,3 x 76,8 x 9,4 mm dengan bobot 215 gram, HP ini cukup berat dan agak licin jika digenggam tanpa casing tambahan, untungnya Poco telah menyediakan casing tambahan pada box.

Unboxing Poco X3 ProPoco X3 Pro Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Layar Poco X3 Pro menggunakan panel IPS berukuran 6.67 inch, FHD+ DotDisplay dengan resolusi 2400 x 1080 pixel, rasio 20:9, refresh rate bawaan 60Hz yang bisa diubah di settingan menjadi 120Hz dengan touch sampling rate hingga 240Hz.

Layarnya mendukung fitur Dynamic Switch yang akan menyesuaikan refresh rate mulai dari 50Hz-120Hz sesuai penggunaan. Layarnya pun sudah dilindungi Corning Gorilla Glass 6. Poco X3 Pro juga telah dilengkapi sertifikat IP53 yang tahan cipratan air dan debu.

Performa dan fitur ada di halaman berikutnya

Performa dan Fitur
Poco X3 Pro ditenagai prosesor kelas 'flagship' Snapdragon 860 yang dasarnya mirip dengan snapdragon 855+.

Snapdragon 860 punya CPU Qualcomm Kryo 485, proses manufaktur 7nm, CPU octa-core, hingga 2,96GHz, urusan grafis sudah menggunakan GPU Adreno 640

Dengan spesifikasi diatas, penggunaan sehari-hari untuk mengakses aplikasi seperti WhatsApp, Facebook, dan media sosial lainnya terasa sangat mulus berkat refresh rate 120Hz. Bagaimana dengan bermain game?

Pada pengetesan game kita akan tes di tiga game populer yakni PUBG Mobile, Mobile Legends Bang Bang, hingga Genshin Impact.

Benchmark Poco X3 ProPengaturan Mobile Legends di Poco X3 Pro Foto: detikINET/Galih Prasetyo

Untuk bermain game PUBG Mobile settingan maksimal yang kita dapat adalah Ultra HD Smooth dengan rata-rata 55-60 fps. Memainkan PUBG Mobile di settingan Ultra HD Smooth selama satu jam menghabiskan konsumsi daya 20%.

Benchmark Poco X3 ProPengaturan PUBG Mobile di Poco X3 Pro Foto: detikINET/Galih Prasetyo

Mobile Legends settingan maksimal grafis Ultra stabil di 60 fps bermain satu jam menghabiskan konsumsi baterai 16%

Benchmark Poco X3 ProPengaturan Genshin Impact di Poco X3 Pro Foto: detikINET/Galih Prasetyo

Kemudian kita test di game yang wajib dicoba untuk pengujian performa game yakni Genshin Impact, hasilnya? Wow untuk hp kelas menengah, settingan yang didapat adalah Highest 60fps dengan rata-rata 40-50 fps, sempat drop diangka 30 fps ketika sedang war dengan banyak musuh. Untuk konsumsi baterai yang digunakan selama satu jam menghabiskan daya 45% dan body belakang mulai terasa panas.

Tidak lupa, tim detikINET menguji performa Poco X3 Pro menggunakan aplikasi anTuTu dan 3D Mark, berikut hasilnya:

  • Antutu Benchmark V9: 544009
  • 3D Mark Wild Life: 3421
  • 3D Mark Wild Life Stress Test 3419 (Best Loop Score), 3309 (Lowest Loop Score)
  • Geekbench Score: 734 Single Core, 2642 Multi-Core Score
Benchmark Poco X3 ProBenchmark Poco X3 Pro Foto: detikINET/Galih Prasetyo

Beralih ke baterai, Poco X3 Pro dibekali baterai kapasitas 5.160mAh dengan teknologi middle middle tab (MMT) yang diklaim Xiaomi akan terisi lebih cepat, didukung pengisian fast charging 33 watt yang telah disediakan dalam kotak. Dalam pengujian tim detikINET untuk baterai dari posisi 20-100% dibutuhkan waktu hingga 1 jam menggunakan charger bawaan 33 watt.

Poco X3 Pro yang menggunakan antarmuka MIUI 12 berbasis Poco juga sudah dilengkapi fitur NFC dan face unlock screen.

Kamera dan kesimpulan di halaman berikutnya

Kamera
Poco X3 Pro dilengkapi Quad Kamera belakang, terdiri dari kamera utama 48MP wide angle, 8 MP kamera ultra-wide angle, 2MP kamera makro, dan 2MP depth sensor. Kamera belakang dibekali vitur dual video dan mampu merekam video dengan kualitas 4K 3840x2160 30fps hingga 1080p, 1920x1080 60fps.

Untuk kamera depan Poco menyematkan kamera 20MP dengan bukaan f/2.2 dan juga mendukung fitur dual video. Berikut beberapa hasil jepretan Poco X3 Pro:

Hasil Foto Poco X3 ProHasil Foto Poco X3 Pro Foto: detikINET/Galih Prasetyo
Hasil Foto Poco X3 ProHasil Foto Poco X3 Pro Foto: detikINET/Galih Prasetyo
Hasil Foto Poco X3 ProHasil Foto Poco X3 Pro Foto: detikINET/Galih Prasetyo
Hasil Foto Poco X3 ProHasil Foto Poco X3 Pro Foto: detikINET/Galih Prasetyo

Kesimpulan

Poco X3 Pro memiliki performa yang andal untuk hp dengan harga Rp 3 jutaan. Dibekali chipset Snapdragon 860, dijamin semua game dapat dimainkan dengan lancar.

Seperti halnya hp Xiaomi dan Poco lainnya, bloatware atau aplikasi bawaan dan iklan memang sedikit mengganggu namun semua itu tertutupi dengan fitur yang dimiliki Poco X3 Pro.

Fiturnya pun lengkap, didukung fast charging 33 watt, NFC, face unlock screen, IR Blaster, speaker dual stereo, refresh rate 120Hz menjadikan hp ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk dibeli.

Di situs resminya, Poco X3 Pro dijual dengan dua pilihan RAM, untuk kapasitas RAM 6GB dan penyimpanan internal 256GB dijual dengan harga Rp 3.499.000, sedangkan varian RAM 8GB dan penyimpanan internal 256GB dijual dengan harga Rp 3.999.000

(asj/asj)