Review Laptop Yoga Slim 7i Carbon: Minimalis yang Ngebut

Review Laptop Yoga Slim 7i Carbon: Minimalis yang Ngebut

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 08 Feb 2021 06:14 WIB
Lenovo Yoga Slim 7i Carbon
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta -

Di pengujung 2020, Lenovo menghadirkan jagoan terbarunya di pasar laptop dengan menghadirkan Yoga Slim 7i Carbon. Mengusung desain perangkat minimalis yang menyasar kaum profesional, laptop ini menawarkan performa yang diklaim ngebut.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, detikINET menjajal Yoga Slim 7i Carbon selama dua pekan lebih, mulai dari sisi desain hingga performanya dalam menunjang kebutuhan pengguna. Berikut ulasannya:


Desain

Dari penampilan, sesuai dengan namanya, laptop terbaru Lenovo ini terbuat dari material serat karbon. Bagi detikINET yang pertama kali menggunakan perangkat laptop berbahan karbon, ini memberikan kesan menarik.

Bahannya terasa halus dipadu dengan warna putih menimbulkan kesan bersih. Tapi di sisi lain, hal tersebut bisa jadi pekerjaan rumah bagi kalian untuk tetap merawat Yoga Slim 7i Carbon agar tidak terlihat kotor.

Bagi seorang profesional, laptop ini bisa jadi pilihan. Dengan dimensi bodi 13,9 x 296,9 x 208,55 mm memperlihatkan perangkat ini langsing, cocok untuk aktivitas bisnis karena Yoga Slim 7i Carbon tidak akan jadi beban karena bobotnya kurang dari 1 Kg.

Yoga Slim 7i Carbon terasa nyaman dan kokoh ketika dijinjing, meskipun dilakukan dengan satu tangan. Padahal, bila dilihat dari ukurannya, laptop ini terbilang cukup besar.

Dilihat dari tampak depan, terpampang tulisan Yoga. Di bagian kiri atas dan kanan bawah terpajang logo Lenovo. Sentuhan kekinian ditemukan di bagian samping kanan dan kiri, di mana hanya ada port USB type C. Terdapat tiga USB type C, dua di samping kanan dan satu di samping kiri, berdampingan dengan audio jack 3,5mm dan tombol power.

Lenovo Yoga Slim 7i CarbonLenovo Yoga Slim 7i Carbon Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto

Kendati begitu, Lenovo menyediakan di paket penjualannya berupa hub yang memiliki akses untuk terhubung menggunakan port HDMI, VGA, dan USB 3.1. Keberadaan hub ini membuat laptop terlihat agak tipis dan juga meingatkan kita pada laptop besutan Apple.

Layar

Beralih ke layar. Lenovo Yoga Slim 7i Carbon meninggalkan kesan wah, layarnya ini terbentang luas hingga menciptakan bezel tipis untuk sebuah perangkat bernama laptop. Fitur ini tentu memanjakan mata kalian yang hobi berlama-lama menggunakan laptop, entah sebagai kebutuhan pekerjaan, hobi, maupun hiburan.

Bezel tipis ini jadi nilai plus. Namun bagi yang belum terbiasa mungkin akan terasa agak aneh. Pasalnya laptop ini cenderung hampir kotak layarnya, bukan persegi panjang seperti yang biasa kita temukan.

Hal itu dikarenakan Yoga Slim 7i Carbon memiliki resolusi QHD 2560x1600 @60Hz dengan aspek rasio 16:10. Kendati begitu, layar Yoga Slim 7i Carbon jadi tampak lebih luas dari jenis laptop sesamanya.

Berdasarkan pengalaman detikINET, layar laptop ini cukup aduhai. Rupanya, panel yang dipakai, yaitu IPS dengan cakupan warna 72% NTSC/100% sRGB. Laptop ini punya tingkat kecerahan tinggi mencapai 300 Nits, tapi jangan khawatir, panel layar ini telah disertifikasi untuk memastikan cahaya biru yang dihasilkan aman untuk mata pengguna.

Yoga Slim 7i Carbon telah disematkan sistem audio Dolby Atmos semenghasilkan suara yang terdengar sangat renyah. Menariknya, kalian bisa mengatur mode suara yang diinginkan sesuai kebutuhan, seperti Dynamic, Movie, Music, Game, dan Voice.

Lenovo Yoga Slim 7i CarbonLenovo Yoga Slim 7i Carbon Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto

>>>>> Halaman berikutnya: keyboard dan performa Yoga Slim 7i Carbon