Review Samsung Galaxy A51, Harga Rp 4 Jutaan Bercita Rasa Flagship

Review Samsung Galaxy A51, Harga Rp 4 Jutaan Bercita Rasa Flagship

Irnanda Shinta Dewi - detikInet
Rabu, 18 Nov 2020 16:13 WIB
Galaxy A71
Galaxy A51 Haze Crush Silver. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Perusahaan analis Omdia belum lama ini merilis daftar handphone (HP) terlaris sepanjang tengah tahun pertama 2020. Mereka menempatkan Samsung Galaxy A51 di posisi kedua setelah iPhone 11.

Hal tersebut sejatinya tidak mengherankan. Sebab Galaxy A51 dengan harga Rp 4 jutaan memberikan cita rasa flagship.

Ini setidaknya ketika kami menjajal varian terbarunya Haze Crush Silver. Berikut review singkatnya:

Layar

Sejak awal kehadirannya Galaxy A51 memiliki spesifikasi yang oke di kelasnya. Layar Galaxy A51 berukuran 6,5 inch Full HD+ dengan panel Super AMOLED yang menyuguhkan gambar kaya warna dan detail sangat baik.

Mengadopsi punch hole di di tengah membuat layar HP ini terasa lapang. Samsung menyematkan Gorilla Glass 3 untuk melindungi layar Galaxy A51 dari goresan.

Galaxy A51Galaxy A51 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Tampilan

Secara dimensi mirip pendahulunya, Galaxy A50s. Samsung memberikan sedikit sentuhan baru pada Galaxy A51 yang membuat HP ini lebih menarik.

Galaxy A50s tidak lagi menerapkan Infinity U. Sementara Samsung A51 menawarkan Infinity O yang sama dengan jajaran ponsel premium flagship Samsung. Jadi lebih sedap dilihat.

Pada bagian belakangnya masih membawa sentuhan holografis dengan garis-garis diagonal. Bedanya pada kamera di sudut kiri atas, kamera Galaxy A51 disatukan dalam panel memberikan tampilan lebih menarik ketimbang Galaxy A50s yang dibuat berjejer secara vertikal.

Tombol power dan volume terdapat di samping kanan sedangkan di samping kiri tempat slot microSD dan SIM card berada. Samsung Galaxy A51 masih menyediakan jack audio 3,5 mm, lalu port charger type C, dan speaker di bagian bawah.

Galaxy A71Galaxy A51 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Performa

Smartphone ini punya chip Exynos 9611 dengan RAM 8 GB dan ROM 128 GB. Memberikan kinerja lancar baik saat menjalankan banyak aplikasi sekaligus.

Saat digunakan memainkan game pun berjalan tanpa hambatan. Memainkan PUBG, Galaxy A51 mampu menyuguhkan grafik smooth dengan frame rate extreme 60 fps.

Soal baterai, kapasitasnya 4.000 mAh. Samsung melengkapi dengan fast charging 15W sehingga pengisian baterai bisa terisi dengan cepat. Saat digunakan, baterai Galaxy A51 mampu menyokong seharian.

Galaxy A71Galaxy A51 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Halaman selanjutnya: kamera dan opini...