Review Galaxy Tab S7 Plus, Tablet Android Terbaik 2020

Review Galaxy Tab S7 Plus, Tablet Android Terbaik 2020

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 04 Nov 2020 07:45 WIB
Galaxy Tab S7 Plus
Galaxy Tab S7 Plus. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Bila ada yang bertanya, apa tablet Android terbaik saat ini? Dengan gampang dijawab Galaxy Tab S7 Plus.

Tak hanya itu, tablet ini menjadi penantang berat iPad Pro 2020. Tentu penilaian ini ada dasarnya.

Setelah menggunakan beberapa pekan, kami mendapati banyak keunggulan yang dipunyainya. Namun sebuah kalimat populer mengatakan, sempurna itu hanya milik Allah serta Andra and The Backbone.

Jadi Galaxy Tab S7 Plus ini lebih pas menyandang predikat terbaik, dibanding menyebutnya tablet Android yang sempurna. Apa alasannya?

Berikut ini review singkat Galaxy Tab S7 Plus

Desain

Secara tampilan Galaxy Tab S7 Plus masih seperti Galaxy Tab S6. Memiliki desain kotak, tepian rata dengan sudut membulat serta punya bezel tipis. Tapi bila diamati secara seksama, ada sejumlah perbedaan yang membuat tablet anyar Samsung ini terasa lebih premium.

Dimulai dari bagian tepi datarnya yang menggunakan logam dengan finishing brushed. Lalu bagian belakangnya yang diberikan sentuhan berbeda dari pendahulunya. Ada strip kaca di bagian atas yang sejajar dengan kamera dan logo Samsung.

Strip kaca ini berfungsi sebagai magnet untuk menempelkan S Pen dan mengisi ulangnya. Berbeda dengan iPad Pro yang bisa mengisi Apple Pencil dari posisi apapun.

Kalau di Galaxy Tab S7 Plus ini agak berbeda. S Pen baru akan terisi jika ujung penanya mengarah ke kamera. Jadi harus benar meletakkannya, jika tidak hanya tertempel tanpa mengisi.

Galaxy Tab S7 PlusGalaxy Tab S7 Plus Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Selain di bagian strip kaca tadi, pengguna bisa menempelkan S Pen di ujung kiri atas bodi (posisi landscape). Namun kami nilai daya rekat magnet baik di strap kaca maupun bagian atas terasa kurang kuat dibanding pesaingnya.

Tapi untungnya Samsung menyediakan case khusus yang melindungi bagian S Pen. Daya rekat magnetnya lebih kuat sehingga stylus digital ini dapat aman tersimpan. Karena kalau sampai hilang, lumayan harga belinya.

Kendati secara dimensi lebih besar, Samsung tetap menjaga tabletnya tetap tipis. Dengan ketebalan masih 5,7 mm tetap nyaman di tangan.

Bobot Galaxy Tab S7 Plus memang lebih berat ketimbang Galaxy Tab S6. Tapi saat dijinjing satu tangan masih tergolong ringan.

Semua tombol dan slot SIM Card/microSD di tempatkan di bagian atas. Tablet ini hanya memiliki port USB Type C dan lubang speaker yang ditempatkan pada empat sudutnya.

Port jack audio 3,5 mm absen di tablet ini. Hal tersebut tak jadi masalah, toh sekarang ada earphone TWS yang murah berkualitas suara nendang di telinga.

Layar

iPad Pro dan Galaxy Tab S7 Plus punya kesamaan pada refresh rate layar Keduanya sama-sama mengusung 120Hz.

Pun begitu tablet Samsung selangkah lebih baik. Pasalnya menggunakan panel Super AMOLED yang tak bisa disangkal akan kualitas sajian warnanya.

Galaxy Tab S7 PlusGalaxy Tab S7 Plus Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Samsung mengadopsi rasio 16:10 sepertinya agar dapat memaksimalkan tabletnya ketika digunakan untuk menikmati hiburan ataupun bekerja. Setidaknya itu yang kami rasakan ketika menonton Netflix, film yang kebanyakan dibuat rasio 16:9 tersaji lebih penuh di layar. Begitu digunakan untuk bekerja, dua aplikasi yang dibuka bersandingan ditampilkan dengan rasio yang pas.

Tapi semua itu tidak akan terasa memuaskan kalau ukuran layarnya kecil. Sebab itu ucapan terima kasih kiranya patut dilayangkan kepada Samsung karena sudi mendengarkan masukan pengguna Galaxy Tab S6 yang ingin layar lebih lapang.

Ukuran 12,4 inch pada Galaxy Tab S7 Plus tidaklah kebesaran. Apalagi jika terbiasa menggunakan laptop di rentang ukuran 11-15 inch.

Galaxy Tab S7 PlusGalaxy Tab S7 Plus memiliki layar 12,4 inch. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Penglihatan jadi lebih nyaman, karena tak perlu mengerutkan bagian mata agar dapat melihat jelas ukuran kecil di layar. Ketika menikmati konten video apalagi, bentangan layar yang besar berbanding lurus dengan kepuasan pandangan.

Karena penggunaan panel Super AMOLED memungkinkan Samsung menerapkan sensor fingerprint di layar. Letaknya di sisi kanan, cukup cepat dan akurat dalam pemindaian. Opsi ini sangat membantu saat pengguna tengah bermasker.

Audio

Sama halnya dengan Galaxy Tab S6, ada empat speaker yang disematkan dalam tablet ini. Dengan sentuhan AKG, suara yang terproduksi begitu lantang di telinga.

Tapi kenikmatan yang hakiki ketika menonton video atau mendengar musik dengan mode Dolby Atmos dinyalakan. Suara benar-benar terdongkrak sejadi-jadinya.

Sayangnya ketika dalam mode DeX, opsi Dolby Atmos tidak digunakan. Jadi kalau memang benar-benar ingin menikmati hiburan dengan suara menggelegar, baiknya di mode tablet saja.

Selanjutnya S Pen dan Samsung DeX...