Huawei P40 Pro Plus, Jagoan yang Elegan - Halaman 3

Review Produk

Huawei P40 Pro Plus, Jagoan yang Elegan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 18 Jul 2020 19:04 WIB
Huawei P40 Pro Plus
Huawei P40 Pro Plus. Foto: istimewa

Kamera

Tak dapat diragukan bahwa kamera Huawei P40 Pro Plus luar biasa, baik dari sisi spesifikasi maupun hasilnya. Hampir segala jenis pemotretan bisa dilakukan dengan hasil akhir berkualitas. Tak heran karena seri P Huawei selalu menonjolkan kemampuan fotografi.

Huawei P40 Pro PlusHuawei P40 Pro Plus Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Dari sisi spesifikasi, P40 Pro Plus punya lima kamera belakang yang terdiri dari 50 MP Ultra Vision (f/1.9, wide), 8 MP (f/2.4, periscope telephoto 10x optical zoom), 8 MP (f/2.4, telephoto 3x optical zoom), 40 MP (f/2.2, ultrawide) Leica optics, dan kamera TOF 3D.

Salah satu keistimewaan besarnya adalah, kamera periscope di handset ini punya kemampuan 10x optical zoom, sementara digital zoom tembus 100 kali perbesaran. Dengan zoom sampai seratus kali, pengguna dapat mengambil foto berjarak sangat jauh, meski tentu kualitasnya kian turun.

Adapun 10x optical zoom terbukti mampu mengambil foto dengan kualitas tidak turun drastis. Mengenai digital zoom, perbesaran sampai 20 kali masih oke dan sampai 50 kali masih cukup jelas meski detailnya sangat berkurang. Sedangkan ke titik maksimal 100 kali, foto jadi kabur walau masih tampak wujud obyeknya.

Patut dicatat, meskipun lensa periskop didukung OIS (optical image stabilization) agar foto stabil, gerakan tangan sedikit saja berpotensi membuat obyek bergeser atau mengaburkan hasilnya. Maka akan lebih baik menggunakan tripod.

Foto mode malam juga mengesankan. Nah menariknya, saat dicoba dalam setting default, menjepret foto malam otomatis sudah jadi terang, bahkan kadang lebih terang dibandingkan Night Mode.

Kameranya juga sudah ada opsi AI atau articial intelligence yang sekarang sudah sangat jamak, di mana kamera otomatis mengoptimalkan foto sesuai obyek yang dijepret.

Mengenai kamera depan, resolusinya 32 MP, f/2.2 (wide) ditambah lensa IR TOF 3D. Perpaduan dua kamera itu menjadikan foto selfie sangat baik. Oh ya, berikut beberapa contoh hasil foto Huawei P40 Pro Plus.

Huawei P40 Pro PlusSelfie. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Huawei P40 Pro PlusKamera standar. Huawei P40 Pro Plus Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Huawei P40 Pro PlusPerbesaran 10x. Huawei P40 Pro Plus Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Huawei P40 Pro PlusPerbesaran 10x. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Huawei P40 Pro PlusPerbesaran 50x. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Huawei P40 Pro PlusPerbesaran 100x. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Huawei P40 Pro PlusTanpa dan dengan Night Mode. Foto: fyk


Sedangkan di sisi video, pengguna dapat merekam mulai 720p 60 fps sampai 4K 60 fps, baik di kamera depan maupun belakang. Kualitas video pada 4K 60fps ternyata cukup baik stabilisasinya dan bisa dizoom sampai 10x di mode ini, tapi hanya digital sehingga terlihat noisy.

Opini detikINET

Huawei P40 Pro Plus merupakan smartphone yang luar biasa jika ditilik dari kemampuan kameranya dan desainnya. Kemampuan 10x zoom-nya benar-benar bukan gimmick, fitur fotografinya lengkap dan hampir bisa dijamin, mampu menghasilkan jepretan memuaskan di segala kondisi.

Desainnya yang identik dengan P40 Pro tampak premium dengan sentuhan material keramik serta melengkung di keempat sisi, serta jangan lupa, nyaman dalam genggaman. Dari sisi spesifikasi pun, ia dapat bersaing dengan deretan smartphone Android terbaik yang ada saat ini.

Hanya memang tanpa aplikasi Google di sisi software, pengguna mungkin kerepotan dan harus mengeluarkan upaya lebih untuk mengakses beberapa aplikasi penting atau membiasakan diri. Terdapat beberapa solusi yang bisa dilakukan walau belum akan sebaik jika ada Play Store. Ini mungkin adalah satu-satunya kekurangan menonjol di P40 Pro Plus.

Bagaimanapun, upaya keras Huawei untuk tetap berinovasi dan mengerahkan kemampuan terbaik mereka, khususnya pada sektor fotografi, yang terwujud di P40 Pro Plus ini, patut diapresiasi. Di Indonesia, handset ini sudah dijual senilai Rp 18,5 juta. Kalau merasa kemahalan, bisa berpaling ke P40 Pro yang tampilannya sama saja dan teknologinya tak jauh berbeda.

Huawei P40 Pro PlusHuawei P40 Pro Plus Foto: fyk
(fyk/afr)