Tips Pakai Huawei Mate 30 Pro yang Nggak Ada Google-nya

Tips Pakai Huawei Mate 30 Pro yang Nggak Ada Google-nya

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 16 Jan 2020 13:59 WIB
Huawei Mate 30 Pro. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Dirilis tanpa Google Mobile Services (GMS), Huawei Mate 30 Pro terbilang masih banyak peminat. Setidaknya ini terlihat dari animo para calon pembeli saat dibuka registrasi pre order pada 2 November lalu sebelum peluncurannya di Indonesia.

Kamera dengan label Leica jadi daya tarik ponsel ini. Pengakuan tersebut terlihat dari ranking DxOMark Mobile yang diterimanya. Huawei Mate 30 Pro bertengger di posisi teratas DxOMark Mobile sebagai ponsel dengan kualitas kamera yang oke.

"Tapi HP ini kan gak ada Google-nya," begitu biasanya komentar orang-orang. Ya, Huawei Mate 30 Pro memang jadi ponsel pertama Huawei GMS-nya digantikan oleh Huawei Mobile Services (HMS).

Artinya, sejumlah aplikasi yang ada di Google Play Store mungkin tidak bisa beroperasi sama sekali, atau bisa beroperasi dengan beberapa keterbatasan, atau bisa beroperasi dengan normal.

Jadi, buat kalian para pengguna smartphone ini, atau yang berencana menggunakan Huawei Mate 30 Pro, memang mesti melakukan beberapa penyesuaian. Nah, simak beberapa langkah penggunaan aplikasi di Mate 30 Pro seperti yang dirangkum detikINET dari keterangan resmi Huawei.

  • Download aplikasi lewat Huawei AppGallery

Huawei AppGallery ini adalah pengganti Google Play Store yang cara kerjanya sama dengan toko aplikasi lainnya.

Kalau sebelumnya kalian sudah menjadi pengguna ponsel Huawei, bisa gunakan Huawei Phone Clone untuk melakukan migrasi seluruh aplikasi ke ponsel baru Mate 30 Pro.

Kalau ternyata tidak, silakan download ulang semua aplikasi ke ponsel baru kalian melalui Huawei AppGallery dengan mudah.

Tips Pakai Huawei Mate 30 Pro yang 'Gak Ada Google-nya'

  • Cara agar tetap bisa akses aplikasi Google

Bagaimana caranya kita pakai aplikasi-aplikasi G-suite seperti Gmail, YouTube dan lainnya tanpa GMS? Caranya adalah dengan mengakses layanan-layanan tersebut di versi web browser, atau kalian bisa download dari situs web pihak ketiga APK melalui browser Huawei.

Browser Huawei ini ditampilkan dengan fungsi shortcut di home ponsel kalian, sehingga memudahkan untuk disesuaikan dan diatur untuk menjadi layanan penelusuran mobile pilihan seperti untuk pencarian dan YouTube misalnya.

Tips Pakai Huawei Mate 30 Pro yang 'Gak Ada Google-nya'


Kalau kalian tak bisa hidup tanpa Gmail, tersedia integrasi lewat aplikasi Mail yang memungkinkan kalian membaca, membalas, meneruskan, dan menggunakan inbox email Gmail kalian seperti biasa.

Cara lainnya, kalian juga bisa mengatur dan membuat shortcut di Huawei Browser untuk bisa langsung mengakses beberapa situs web unduh APK lainnya seperti AppPlus, APKMonk, AppTaken, dan lainnya.

Tips Pakai Huawei Mate 30 Pro yang 'Gak Ada Google-nya'



Situs web APK ini menawarkan berbagai macam aplikasi untuk ditambahkan ke ponsel Mate 30 Pro kalian. Misalnya, jika memerlukan aplikasi navigasi, kalian dapat mendownload Waze APK lewat aplikasi, instal di ponsel dan voila! Aplikasi siap digunakan.

Hal yang sama juga berlaku untuk Google Maps. Meskipun tidak diinstal di ponsel, kalian bisa mendownload APK-nya dan menginstalnya dengan beberapa klik saja.

Tips Pakai Huawei Mate 30 Pro yang 'Gak Ada Google-nya'



Jadi nyatanya, sebagian besar aplikasi umum dapat digunakan di Huawei Mate 30 Pro dengan cara-cara yang sudah disebutkan di atas. Huawei menyebutkan, aplikasi media sosial populer seperti WhatsApp, Facebook, dan Instagram kompatibel dengan smartphone ini.

Kemudian aplikasi lainnya yang banyak digunakan pengguna ponsel seperti Spotify, WeChat, TikTok, Lazada, Shopee, dan lainnya pun ada. Kemudian untuk aplikasi lokal seperti Garuda Mobile, KAI Access, Bukalapak, Matahari, dan sejumlah aplikasi top lainnya pun dijanjikan Huawei bisa diakses tanpa kendala.

Tips Pakai Huawei Mate 30 Pro yang 'Gak Ada Google-nya'



Deputy Country Director Huawei Consumer Business Group Indonesia, Lo Khing Seng berjanji akan memperbanyak ketersediaan aplikasi yang banyak dipakai orang agar tersedia di Huawei AppGallery.

"Kita akan terus mengembangkan AppGallery dan bekerja sama dengan developer aplikasi top di Indonesia. Nantinya, aplikasi tersebut dapat tersedia di AppGallery," janjinya.

Oh ya, kalau kalian punya aplikasi favorit yang belum tersedia di Huawei AppGallery, kalian bisa tap tombol daftar keinginan di halaman beranda Huawei AppGallery dan kirimkan permintaan kalian.



Simak Video "Bikin Film dengan Huawei Mate 30 Pro Semudah dalam Genggaman"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)