Galaxy Tab S6 Lite, Bikin Produktif dan Bebas Jenuh Saat WFH

Review

Galaxy Tab S6 Lite, Bikin Produktif dan Bebas Jenuh Saat WFH

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 03 Jun 2020 21:22 WIB
Galaxy Tab S6 Lite
Galaxy Tab S6 Lite, Bikin Produktif dan Bebas Jenuh Saat WFH (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

Dibanding smartphone, pasar tablet di Indonesia memang kalah semarak. Untunglah vendor seperti Samsung masih mau mendaratkan perangkatnya ke Tanah Air.

Galaxy Tab S6 Lite adalah salah satunya. Tablet kelas menengah ini diluncurkan pada awal Mei lalu.

Kehadirannya terbilang di saat yang tepat. Dia datang kala orang-orang harus menjalankan semua aktivitas di rumah demi menangkal meluasnya virus Corona.

Di kondisi itu butuh perangkat yang bisa diandalkan untuk kerja atau belajar, sekaligus menikmati hiburan. Nah Samsung menjawab kebutuhan itu lewat Galaxy Tab S6 Lite.

Pertanyaannya apakah tablet ini memuaskan untuk semua itu? Berikut ini ulasan singkat Galaxy Tab S6 Lite:

Desain

Kendati lebih murah dari Galaxy Tab S6, Samsung tetap menghadirkan tampilan premium pada tablet kelas menengahnya itu. Ia mengusung bingkai aluminium yang dipoles bikin nyaman menyentuhnya.

Bezel dibuat tidak begitu tebal, sehingga lebih menonjolkan sisi layar. Tapi lebih mengejutkan ketika menentengnya bak membawa buku catatan.

Galaxy Tab S6 LiteGalaxy Tab S6 Lite Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Galaxy Tab S6 Lite ini dibuat tipis, dimensinya 244,5 x 154,3 x 7 mm. Bobotnya tidak sampai sampai setengah kilo.

Bila kebanyakan vendor harus menanggalkan port audio karena demi menghadirkan bodi tipis. Tidak dengan tablet ini, Samsung masih menghadirkan port jack audio 3,5 mm.

Selain itu tablet ini sudah menggunakan USB Type C untuk koneksi dan pengisian daya. Sayangnya tidak ada sensor sidik jari yang disertakan.

Padahal tidak perlu mengadopsi sensor fingerprint di layar seperti Galaxy Tab S6, Samsung cukup memasangnya di pinggiran bodinya. Ini akan menambah keamanan Galaxy S6 Lite tentunya.

Layar

Kendati tidak dibekali panel AMOLED, tidak lantas suguhan gambar Galaxy S6 Lite mengecewakan. Dengan bentangan 10,4 inch dengan resolusi 1.200 x 2.000 pixel tetap memuaskan untuk menikmati hiburan.

Kami mencobanya untuk menonton Hospital Playlist di Netflix. Suguhan gambar tetap terlihat tajam dan kaya warna.

Panel layar sentuh Galaxy Tab S6 Lite memberikan respons yang akurat. Dapat dengan cepat mengenali ketukan serta gesekan ketika navigasi Android, dan memiliki scrolling mulus saat membuka web di Chrome.

Galaxy Tab S6 LiteGalaxy Tab S6 Lite Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Audio

Galaxy Tab S6 dibekali empat speaker yang membuat suaranya menggelegar. Sementara Galaxy Tab S6 Lite hanya mengandalkan speaker stereo.

Pun begitu audio yang disajikan tetap nendang di telinga. Tidak saja saat menonton film atau main game, mendengarkan lagu di spotify pun sama nikmatnya.