Selasa, 03 Des 2019 08:01 WIB

Review

Redmi Note 8, Murah Tapi Jangan Diremehkan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Selanjutnya ada kamera ultrawide 8MP, kamera macro 2MP dan depth sensor 2MP. Jika konfigurasi di atas terdengar familiar, itu karena Realme 5 juga menggunakan konfigurasi kamera yang serupa, minus kamera 48MP.

Performa kamera Redmi Note 8 terbilang cukup memuaskan. Kamera utamanya, baik dalam mode default maupun 48MP, bisa mengambil gambar dengan warna yang cukup akurat dan detail yang jelas.

Mode default siang hariMode default siang hari Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Mode 48MPMode 48MP Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Kombinasi sensor Samsung GM1 dan bukaan f/1.8 seharusnya bisa membantu Redmi Note 8 mengambil gambar di kondisi minim cahaya dengan cukup baik. Tapi sayangnya objek dengan detail yang ramai seperti gedung dan pohon ketika dipotret dalam kondisi minim cahaya tidak bisa direproduksi dengan baik dan foto terlihat noisy.

Untuk mendukung fotografi dalam keadaan minim cahaya, Xiaomi pun menyediakan fitur Night Mode. Tidak seperti mode gelap pada umumnya yang bisa membuat foto minim cahaya terlihat lebih terang, Night Mode di Redmi Note 8 bekerja seperti HDR yang mendistribusikan highlight lebih merata.

Mode default (kiri) dan Night Mode (kanan)Mode default (kiri) dan Night Mode (kanan) Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Beralih ke kamera ultrawide yang performanya terbilang lumayan. Tidak terlihat perubahan warna dibanding dengan foto yang diambil oleh kamera utama dan hasil foto juga tidak terlihat cekung di ujung. Sayangnya detail objek tidak bisa ditangkap dengan sempurna.

Mode ultrawide siang hariMode ultrawide siang hari Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Sensor makro juga menjadi fitur tambahan yang sangat menarik, terutama untuk kalian yang hobi fotografi makro. Sensor ini memang memungkinkan kamera untuk mendekati objek dalam jarak yang sangat dekat, tapi resolusinya yang minimal menyulitkan untuk menangkap detail dengan sempurna.

Mode macroMode macro Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Depth sensor yang diusung Redmi Note 8 memudahkan pengambilan foto bokeh dan hasilnya pun cukup memuaskan. Deteksi ujung-ujung objek cukup mantap dan efek blur yang dihasilkan terlihat alami. Kalian bisa mengatur level blur-nya dari indikator yang ada di viewfinder.

Foto bokeh menggunakan mode PortraitFoto bokeh menggunakan mode Portrait Foto: Virgina Maulita Putri

Beralih ke kamera depan, Redmi Note 8 dibekali dengan kamera depan 13MP. Selfie yang diambil dalam kondisi cahaya yang cukup terlihat memuaskan, dengan reproduksi warna yang baik.

Dalam mode default, kamera ini membuat wajah terlihat lebih mulus dari aslinya. Tapi tentu saja kalau ingin lebih mulus lagi kalian bisa menggunakan fitur Beauty.

Selfie defaultSelfie default Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Kamera depan Redmi Note 8 juga bisa digunakan untuk mengambil foto Portrait. Walau tidak menggunakan sensor khusus, selfie dengan efek bokeh yang diambil terlihat bagus dengan deteksi objek yang mantap.

Selfie portraitSelfie portrait Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET