Siap-siap, Elon Musk Pasang Tarif Mahal Buat Langganan Twitter di iPhone

Siap-siap, Elon Musk Pasang Tarif Mahal Buat Langganan Twitter di iPhone

ADVERTISEMENT

Siap-siap, Elon Musk Pasang Tarif Mahal Buat Langganan Twitter di iPhone

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 12 Des 2022 22:00 WIB
Jakarta -

CEO Twitter Elon Musk akhirnya merilis ulang fitur Twitter Blue setelah melewati beberapa drama. Dengan fitur ini, pengguna Twitter bisa membayar untuk mendapatkan centang biru dan sejumlah fitur eksklusif lainnya.

Twitter mematok dua biaya berlangganan berbeda untuk Twitter Blue. Pengguna yang berlangganan lewat web cukup membayar USD 8 (Rp 125 ribuan) per bulan, sedangkan pengguna yang mendaftar di iOS harus membayar lebih mahal yaitu USD 11 (Rp 172 ribuan).

Perbedaan harga ini kemungkinan merupakan cara Twitter untuk menutupi kerugian akibat komisi 30% yang diambil Apple untuk layanan berlangganan yang dibeli lewat aplikasi.

Meski belum hadir di Android secara resmi, Director of Product Management Twitter Esther Crawford mengatakan pengguna Android bisa membeli Twitter Blue lewat web dan menggunakan layanan itu di perangkat mereka.

Twitter pertama kali meluncurkan centang biru berbayar lewat Twitter Blue pada awal November lalu. Tapi tidak lama kemudian fitur ini ditarik setelah banyaknya akun penipu dengan centang biru yang mencatut nama brand dan tokoh ternama.

Untuk mencegah kasus akun peniru, Crawford mengatakan Twitter menambahkan satu langkah review sebelum menambahkan centang biru ke sebuah akun. Crawford juga menegaskan bahwa meniru identitas orang atau bisnis lain melanggar aturan Twitter.

Untuk membedakan akun asli dengan akun akun yang mendaftar Twitter Blue, Twitter menambahkan dua centang baru yaitu centang emas untuk akun bisnis dan centang abu-abu untuk akun pemerintahan dan akun multilateral, seperti dikutip dari TechCrunch, Senin (12/12/2022).

Karena fitur ini masih dalam tahap uji coba, Twitter memperingatkan pelanggan Twitter Blue bahwa mereka bisa kehilangan centang biru saat mengubah username, nama display atau foto profil sampai akunnya di-review kembali. Crawford mengatakan saat ini Twitter Blue baru tersedia di lima negara dan segera diperluas ke negara-negara lainnya.

Selain centang biru, pelanggan Twitter Blue juga bisa mengakses sederet fitu eksklusif seperti edit tweet, upload video 1080p, mode reader, melihat iklan lebih sedikit, dan cuitan mereka akan tampil di bagian paling atas replies, mentions, dan search.

(vmp/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT