Kejam, Cleaning Service Twitter Dipecat Elon Musk Tanpa Pesangon

Kejam, Cleaning Service Twitter Dipecat Elon Musk Tanpa Pesangon

ADVERTISEMENT

Kejam, Cleaning Service Twitter Dipecat Elon Musk Tanpa Pesangon

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 10 Des 2022 09:59 WIB
Untuk membeli perusahaan media sosial tersebut, Musk akan menyelesaikan kesepakatan senilai $44 miliar.
Kantor Twitter di San Francisco. Foto: Getty Images/Justin Sullivan
Jakarta -

Ribuan pegawai Twitter telah kena pecat atau PHK begitu Elon Musk memimpin. Gelombang PHK rupanya terus terjadi, sampai menimpa para cleaning service atau tenaga kebersihan di kantor Twitter. Bahkan mereka dilaporkan tak mendapat pesangon.

"Elon Musk punya sejarah panjang mengabaikan hukum tenaga kerja. Meski saya tidak kaget ini terjadi, saya merasa kasihan pada pekerja itu. Kami akan menelitinya," kata Jaksa Kota San Francisco, David Chiu dilansir New York Post, Sabtu (10/12/2022).

Salah satu cleaning service, Adrianna Villareal, yang sudah bekerja 4 tahun di Twitter, baru-baru ini dipecat. Ia pun cemas tidak punya cukup uang saat Natal. "Menyedihkan bagi keluarga dan anak-anak kami," katanya.

"Kami seharusnya memberikan hadiah Natal buat anak-anak, memberi makanan di meja dan mendadak saja kami tidak punya apa-apa lagi," tambahnya.

Adapun Julio Alvarado sudah bekerja selama 10 tahun di Twitter dan selama itu, lingkungannya bersahabat. Semua berubah sejak Elon Musk menguasai Twitter. "Dulu orang bisa bekerja tanpa cemas," katanya.

Dia juga mendengar pekerjaan kebersihan nantinya akan digantikan oleh robot, tak perlu lagi mengandalkan manusia. Tanpa pekerjaannya, Julio takut tidak bisa membayar tagihan dan membantu keluarganya di Meksiko. "Aku tak punya uang untuk bayar sewa rumah," katanya.

Mereka juga kebingungan lantaran mencari pekerjaan semakin susah, termasuk tenaga bersih-bersih. Apalagi makin banyak perusahaan mengetatkan ikat pinggang di tengah situasi ekonomi yang kurang menentu belakangan ini.

"Dalam jangka pendek, saya ingin melihat Elon Musk memperlakukan petugas kebersihan sebagai manusia dan merekrut mereka kembali, tidak membuangnya sebelum Natal," kata senator California, Scott Wiener.



Simak Video "Elon Musk Kunci Akun Twitter Miliknya, Kenapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT