Twitter Tiba-tiba Matikan Fitur Moments, Apa Alasannya?

Twitter Tiba-tiba Matikan Fitur Moments, Apa Alasannya?

ADVERTISEMENT

Twitter Tiba-tiba Matikan Fitur Moments, Apa Alasannya?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 10 Des 2022 06:45 WIB
A 3D-printed logo for Twitter is seen in this picture illustration on January 26, 2016.  REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo
Twitter Tiba-tiba Matikan Fitur Moments, Apa Alasannya? Foto: Reuters
Jakarta -

Twitter mematikan fitur Moments setelah tujuh tahun. Sepertinya fitur ini dihilangkan untuk mewujudkan visi Twitter 2.0 yang diimpikan oleh CEO baru Twitter Elon Musk.

Twitter pertama kali meluncurkan fitur Moments pada tahun 2015. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat koleksi cuitan yang telah dikurasi untuk mempermudah mengikuti konten yang penting.

"Tidak semua momen bertahan. Mulai hari ini kami menghapus opsi untuk membuat Moments bagi sebagian besar pengguna selagi kami fokus untuk meningkatkan pengalaman kalian," cuit akun Twitter Support, seperti dikutip dari Engadget, Sabtu (10/12/2022).

"Jangan khawatir, kalian masih bisa melihat Moments yang dibuat sebelumnya dan mengikuti event Live di Twitter," sambungnya.

Hilangnya fitur Moments dari Twitter sebenarnya tidak mengejutkan. Hanya dua tahun setelah diluncurkan, Twitter mengganti tab Moments di aplikasi mobile dengan Explore.

Setelah itu, pada tahun 2018, platform berlogo burung itu menghilangkan opsi untuk membuat Moments dari aplikasi Twitter untuk Android dan iOS.

"Ketika fitur tidak sering digunakan, kami akan menghapusnya, sehingga kami bisa fokus dalam membangun produk lain yang akan kalian sukai," kata Twitter saat itu.

Sejak Twitter diambil alih oleh Elon Musk, sepertinya orang terkaya di dunia itu merasa Moments bukan fitur yang sesuai dengan visi masa depannya. Musk telah beberapa kali mengungkap rencananya untuk membuat Twitter 2.0 dengan menyederhanakan layanannya sekaligus mengubahnya menjadi super app.

Beberapa fitur yang dianggap Musk tidak penting dan membuat layanan Twitter jadi lambat langsung dipangkas. Termasuk label 'tweeted from' yang menunjukkan cuitan diunggah dari perangkat apa.



Simak Video "Elon Musk Kunci Akun Twitter Miliknya, Kenapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT