Daftar HP Android dan iPhone Diblokir WhatsApp Mulai Hari Ini

ADVERTISEMENT

Daftar HP Android dan iPhone Diblokir WhatsApp Mulai Hari Ini

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 24 Okt 2022 07:13 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Daftar HP Android dan iPhone Diblokir WhatsApp Mulai Hari Ini. Foto: Getty Images
Jakarta -

Jutaan HP Android dan iPhone diblokir WhatsApp mulai hari ini. Sebab perangkat tersebut masih menjalankan sistem operasi versi lama sehingga tidak dapat menggunakan layanan WA, baik kirim dan terima pesan atau panggilan telepon.

Hal ini sudah diwanti-wanti WhatsApp sejak lama. Dalam situsnya disebutkan kalau per 24 Oktober 2022 akan menghentikan dukungan untuk perangkat Android dengan sistem operasi di bawah 4.1 atau Jelly Bean, serta iPhone yang menjalankan iOS 10 dan iOS 11.

"Seperti perusahaan teknologi lainnya, setiap tahun kami meninjau perangkat dan perangkat lunak mana yang paling lama dan memiliki jumlah pengguna paling sedikit untuk menentukan dukungan apa yang akan dihentikan. Perangkat ini mungkin juga tidak memiliki pembaruan keamanan terbaru atau mungkin tidak memiliki fungsionalitas yang diperlukan untuk menjalankan WhatsApp," tulis WhatsAp di situsnya.

"Sebelum kami menghentikan dukungan untuk sistem operasi yang Anda gunakan, Anda akan diberi tahu secara langsung di WhatsApp jauh-jauh hari dan diingatkan beberapa kali untuk meningkatkan sistem operasi. Kami akan memperbarui halaman ini secara berkala untuk memastikan bahwa sistem operasi terbaru yang kami dukung dicantumkan di sini," sambungnya.

Sebab itu, disarankan kepada pengguna yang ingin terus menggunakan aplikasi WhatsApp musti update sistem operasi di HP Android dan iPhone. Saat ini sudah jarang HP yang masih menjalankan sistem operasi di bawah Android Jelly Bean.

Demikian pula iOS 10 dan iOS 11, sudah tidak banyak digunakan di iPhone. Hanya iPhone 5 dan iPhone 5C yang akan terpengaruh oleh aturan tersebut, sebab kedua ponsel ini hanya mentok di iOS 10.

Bagi pengguna iPhone 5s jangan senang dulu, kamu pun terancam tidak dapat menggunakan WhatsApp bilamana masih menjalankan iOS 11. Karena itu disarankan untuk upgrade ke iOS 12.

"Jika masih iOS 10 atau iOS 11, Anda perlu memperbarui ke iOS 12 untuk terus menggunakan WhatsApp: itu berarti Anda masih dapat terus menggunakan WhatsApp di iPhone 5S, iPhone 6, dan iPhone 6S, tetapi Anda perlu memperbarui versi iOS Anda. Sayangnya, WhatsApp tidak lagi kompatibel dengan iPhone 5 dan iPhone 5C karena iOS 12 tidak tersedia untuk perangkat ini," kata WABetaInfo.

Mereka yang ingin mendapatkan versi iOS terbaru dapat melakukannya dengan masuk ke Pengaturan > Umum lalu mengetuk Pembaruan Perangkat Lunak. Untuk Android bisa membuka Settings ? About Phone > klik Update OS.

[Gambas:Youtube]



(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT