Pengguna Twitter Bisa Cuitkan GIF, Foto, dan Video dalam Satu Tweet

Pengguna Twitter Bisa Cuitkan GIF, Foto, dan Video dalam Satu Tweet

ADVERTISEMENT

Pengguna Twitter Bisa Cuitkan GIF, Foto, dan Video dalam Satu Tweet

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 07 Okt 2022 22:35 WIB
Fitur baru Twitter
Pengguna Twitter Bisa Cuitkan Foto, Video, dan GIF dalam Satu Tweet Foto: dok. Twitter
Jakarta -

Pengguna Twitter kini punya cara baru untuk nge-tweet. Twitter baru saja merilis fitur yang memungkinkan pengguna untuk menggabungkan beberapa format media dalam satu cuitan.

Dengan fitur ini, pengguna Twitter bisa menulis tweet dalam bentuk teks dan menambahkan foto, video, dan GIF di dalamnya. Sebelumnya pengguna Twitter hanya bisa mengunggah cuitan dalam bentuk teks disertai satu media saja.

Keberadaan fitur ini sebelumnya sudah dilaporkan oleh reverse engineer Alessandro Paluzzi pada bulan April lalu. Kini fitur tersebut sudah tersedia untuk pengguna Twitter di Android dan iOS. Berdasarkan pantauan detikINET, fitur ini juga sudah bisa digunakan oleh pengguna Twitter di Indonesia.

"Selama beberapa bulan terakhir, Twitter telah melakukan uji coba pada beberapa kelompok untuk dapat menggabungkan beberapa format media berbeda dalam satu Tweet," kata Twitter dalam keterangan resmi yang diterima detikINET, Kamis (6/10/2022).

"Pembaruan ini diharapkan agar pengguna dapat membagikan konteks visual lebih luas dalam mengekspresikan diri lebih dari 280 karakter," sambungnya.

Cara menggunakannya mudah saja, sama seperti membuat cuitan Twitter seperti biasa. Buka aplikasi Twitter di Android atau iOS lalu klik tombol Compose Tweet yang ada di sudut kanan bawah.

Ketuk ikon galeri foto yang ada di sudut kiri bawah tweet composer untuk memasukkan foto atau video yang diinginkan. Setelah itu ketuk ikon GIF yang ada di sebelahnya untuk memasukkan GIF.

Twitter memperbolehkan pengguna menambahkan hingga empat media sekaligus dalam satu tweet. Setelah memasukkan teks dan konten media yang diinginkan, ketuk tombol Tweet yang ada di sudut kanan atas untuk mengunggahnya.

Konten media akan ditampilkan berdampingan atau dalam format seperti grid, tergantung pada berapa banyak konten foto, video, atau GIF yang ditambahkan. Contohnya bisa dilihat di dua cuitan di bawah ini.

Instagram memiliki fitur serupa yang memungkinkan pengguna mengunggah foto dan video dalam satu postingan. Tapi pengguna harus scroll ke samping untuk melihat konten lainnya yang ditampilkan dalam bentuk carousel. Berbeda dengan Instagram, cuitan mixed media di Twitter memungkinkan pengguna untuk melihat semua konten media dalam satu tempat.

Meski sedang terlibat dalam drama dengan Elon Musk, Twitter tidak berhenti meluncurkan fitur baru. Yang terbaru, fitur merilis fitur edit tweet yang telah lama dinanti untuk pelanggan Twitter Blue di Kanada, Australia, dan Selandia Baru.



Simak Video "Elon Musk Ingin Twitter Punya Fitur Seperti WhatsApp"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT