Video 4K di YouTube Akan Jadi Fitur Premium

Video 4K di YouTube Akan Jadi Fitur Premium

ADVERTISEMENT

Video 4K di YouTube Akan Jadi Fitur Premium

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 05 Okt 2022 20:13 WIB
Ilustrasi Streaming YouTube
Video 4K di YouTube Akan Jadi Fitur Premium (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

YouTube saat ini menawarkan video dengan resolusi tinggi 4K hingga 8K. Tapi sepertinya fitur video 4K di YouTube hanya akan bisa diakses oleh pelanggan YouTube Premium.

YouTube pertama kali mendukung video 4K pada tahun 2010, dan kemudian mendukung resolusi 8K pada tahun 2015. Sejak diluncurkan pertama kali, video 4K dan 8K bisa ditonton secara gratis oleh semua pengguna YouTube.

Dari beberapa unggahan di Reddit dan Twitter dalam beberapa bulan terakhir, YouTube tampaknya mulai menguji coba fitur untuk menjadikan video 4K sebagai fitur premium. Tidak diketahui berapa banyak pengguna yang terlibat dalam uji coba ini dan di negara mana saja.

Dari screenshot yang dibagikan pengguna yang masuk dalam uji coba ini, saat memilih kualitas video, pengguna yang tidak berlangganan YouTube Premium akan melihat tulisan 'Premium' di samping opsi 4K/2160p, seperti dikutip dari 9to5Google, Rabu (5/10/2022).

Artinya, eksperimen baru ini akan menambah batasan baru bagi pengguna YouTube gratisan karena hanya bisa menikmati video dengan resolusi maksimal 1440p. Sementara itu pelanggan YouTube Premium mendapatkan fitur eksklusif baru.

Saat ini langganan YouTube Premium menghadirkan tiga fitur eksklusif utama yaitu menghilangkan iklan di video, bisa memutar video di background untuk perangkat Android, dan download video untuk ditonton secara online.

Langganan Youtube Premium juga sudah termasuk bundling dengan layanan streaming musik YouTube Music. Di Indonesia, biaya berlangganan YouTube Premium dipatok Rp 59.000 per bulan.

Langkah YouTube untuk menjadikan video 4K sebagai fitur premium sebenarnya bukan sesuatu yang baru. YouTube juga membedakan konten HD dan 4K ke dalam tier yang berbeda untuk pelanggan YouTube TV.

Kemungkinan YouTube menguji coba opsi baru ini hanya dengan segelintir pengguna untuk mendapatkan feedback. Tergantung pada feedback yang diterima, Google dan YouTube mungkin akan membatalkan rencananya dan menjadikan video 4K tetap bisa dinikmati secara gratis.



Simak Video "Geser PewDiePie, MrBeast Jadi YouTuber dengan Subscriber Terbanyak"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT