Pakai Aplikasi Ini Bisa Browsing Instagram Tanpa Iklan

ADVERTISEMENT

Pakai Aplikasi Ini Bisa Browsing Instagram Tanpa Iklan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 30 Sep 2022 10:34 WIB
The OG App
Pakai Aplikasi Ini Bisa Browsing Instagram Tanpa Iklan Foto: Un1feed
Jakarta -

Aplikasi Instagram kini semakin ramai karena terus mendapatkan banyak fitur baru, sebut saja Reels, NFT, feed algoritma, dan lain-lain. Kesal dengan tampilan Instagram yang campur aduk, dua developer mengembangkan aplikasi untuk menampilkan feed Instagram yang lebih rapi.

Aplikasi bernama 'The OG App' itu dikembangkan oleh developer Ansh Nanda dan Hardik Patil. Aplikasi itu menawarkan tampilan feed Instagram tanpa iklan dan konten rekomendasi, bahkan ada opsi untuk menghilangkan Reels dan tab Explore.

The OG App saat ini tersedia di Google Play Store dan sempat tersedia di App Store sebelum dihapus oleh Apple. Mereka mengandalkan API Instagram untuk Android, tapi dari review awal banyak pengguna yang mengeluhkan metode loginnya karena menunjukkan login dari lokasi yang berbeda hingga membuat akun Instagram pengguna terkunci.

Nanda dan Patil mendirikan Un1feed, perusahaan yang merilis The OG App, pada Juni lalu dengan tujuan untuk menciptakan aplikasi media sosial yang lebih rapi. Mereka memilih Instagram sebagai target pertama karena merasa tampilan feed-nya yang terlalu ramai dengan iklan.

"Kami melihat teman dan keluarga kami terpengaruh oleh media sosial, dan bahkan menghapus aplikasi karena mereka tidak memiliki cukup opsi untuk mengubah apa yang mereka lihat," kata Nanda dan Patil kepada TechCrunch, seperti dikutip detikINET, Jumat (30/9/2022).

"Kami ingin mengutamakan pengguna, dan bukan pengiklan, terlebih dahulu dengan aplikasi ini. Kami mulai dengan Instagram karena kami merasa aplikasi ini yang memiliki hubungan paling toxic dengan penggunanya," sambung mereka.

The OG App tidak hanya menghilangkan banyak fitur Instagram, aplikasi ini juga menghadirkan fiturnya sendiri untuk membantu pengguna mengelola feed-nya. Misalnya, pengguna bisa membuat feed alternatif yang mengikuti topik tertentu seperti makanan, film, atau fotografi tanpa harus menjadi follower akun tertentu. Mirip seperti list Twitter tapi untuk Instagram.

Sayangnya peluncuran The OG App tidak terlalu mulus. Sehari setelah diluncurkan, aplikasi The OG App menghilang dari App Store, tapi tidak diketahui apakah Apple menghapusnya atas permintaan Meta atau bukan.

Dalam cuitannya di Twitter, The OG App mengatakan ada campur tangan Meta dalam hilangnya aplikasi mereka di App Store. Tapi ini mengindikasikan bahwa The OG App mungkin melanggar panduan atau kebijakan Meta karena awalnya aplikasi ini sudah lolos peninjauan di App Store.

Saat ini The OG App masih tersedia di Google Play Store dan sudah diunduh lebih dari 1.000 kali. Kalau kalian ingin mencoba browsing Instagram tanpa iklan dan gangguan lainnya, segera download The OG App sebelum kena take down dari Meta.



Simak Video "Instagram Bakal Rilis Fitur Schedule Post, Ini Fungsinya"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT