Asyik, WhatsApp Segera Bisa Dipakai di Tablet Android

Asyik, WhatsApp Segera Bisa Dipakai di Tablet Android

ADVERTISEMENT

Asyik, WhatsApp Segera Bisa Dipakai di Tablet Android

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 26 Sep 2022 08:20 WIB
Ilustrasi WhatsApp
WhatsApp Tak Lama Lagi Bisa Dipakai di Tablet Android Foto: Getty Images
Jakarta -

Kabar gembira bagi pengguna WhatsApp yang sudah lama menantikan dukungan untuk tablet. Tidak lama lagi, WhatsApp akan bisa digunakan dengan lebih mudah di tablet berkat fitur companion mode.

Selama ini aplikasi WhatsApp hanya tersedia untuk ponsel Android, iPhone, PC, dan Mac tanpa ada dukungan resmi untuk tablet. Pengguna hanya diizinkan mengakses akun WhatsApp dari satu perangkat mobile, jadi hanya bisa dibuka di satu ponsel atau satu tablet dan tidak bisa secara bersamaan.

WhatsApp sendiri saat ini sedang mengembangkan fitur companion mode yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan satu akun WhatsApp di dua perangkat mobile secara bersamaan. Fitur ini merupakan versi terbaru dari fitur multi-device yang memungkinkan pengguna menghubungkan akun WhatsApp dengan empat perangkat berbeda.

Fitur itu masih belum diluncurkan, tapi WhatsApp sudah merilis versi baru untuk companion mode yang memungkinkan pengguna menghubungkan akun mereka dengan tablet Android.

Kehadiran dukungan resmi WhatsApp untuk tablet ini diumumkan oleh WABetaInfo. Fitur ini ditemukan di WhatsApp beta untuk Android versi 2.22.21.5 dan 2.22.21.6.

Karena fitur companion mode memiliki basis yang sama seperti multi-device, pengguna bisa menghubungkan satu akun WhatsApp ke empat perangkat yang berbeda, termasuk tablet.

Akun Whatsapp bisa dihubungkan ke tablet AndroidAkun Whatsapp bisa dihubungkan ke tablet Android Foto: WABetaInfo

Dari screenshot yang dibagikan oleh WABetaInfo, sepertinya dukungan WhatsApp untuk tablet mirip seperti WhatsApp Web. Pengguna bisa menghubungkan akun WhatsApp ke tablet Android dengan cara membuka menu Pengaturan > Linked Devices > pindai QR code yang ada di layar.

Pengguna harus terhubung dengan internet untuk menyalin riwayat chat WhatsApp ke tablet. Setelah semua chat dan pesan tersinkronisasi antara ponsel dan tablet, pengguna bisa menggunakan Whatsapp di tablet secara terpisah bahkan saat ponsel tidak terhubung ke internet atau dalam keadaan mati.

WABetaInfo mengatakan companion mode versi baru ini juga mendukung lintas platform, jadi jika pengguna menggunakan iPhone sebagai perangkat mobile utama, mereka tetap bisa menghubungkan akun WhatsApp yang sama ke tablet Android, seperti dikutip detikINET, Jumat (23/9/2022).

Karena fitur ini masih dalam tahap awal pengembangan, beberapa fitur mungkin belum tersedia seperti melihat live locations di perangkat companion dan komunitas. Bahkan antarmukanya mungkin akan diubah oleh WhatsApp.

Saat ini fitur untuk menghubungkan akun WhatsApp ke tablet Android sudah tersedia untuk beberapa beta tester. Pengguna disarankan untuk mengunduh WhatsApp beta untuk Android versi terbaru jika ingin menjajalnya.



Simak Video "WhatsApp Akan Rilis 21 Emoji Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT