Pengguna WhatsApp di Indonesia Sudah Bisa Sembunyikan Status Online

ADVERTISEMENT

Pengguna WhatsApp di Indonesia Sudah Bisa Sembunyikan Status Online

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 17 Sep 2022 19:30 WIB
Fitur privasi baru WhatsApp
Pengguna WhatsApp di Indonesia Sudah Bisa Sembunyikan Status Online Foto: dok. WhatsApp
Jakarta -

Bulan lalu WhatsApp mengumumkan akan merilis fitur untuk menyembunyikan status online pengguna. Awalnya dijanjikan rilis bulan Agustus, fitur tersebut kini sudah mulai tersedia untuk segelintir pengguna WhatsApp di Indonesia.

Fitur ini memang belum bisa digunakan oleh semua pengguna WhatsApp di Indonesia karena baru tersedia untuk beta tester yang tergabung dalam program WhatsApp beta. Tim detikINET termasuk salah satu yang beruntung bisa mencicipi fitur ini lebih dulu.

Seperti diketahui, opsi untuk menyembunyikan status online merupakan salah satu fitur yang paling banyak diminta oleh pengguna WhatsApp. Dengan fitur ini, pengguna WhatsApp bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat status online mereka.

Menurut laporan WABetaInfo, fitur ini sudah tersedia di WhatsApp beta untuk Android versi 2.22.20.9. WhatsApp sepertinya meluncurkan fitur ini secara bertahap kepada beta tester, karena detikINET baru mendapatkannya di versi 2.22.20.11.

Untuk mencari tahu apakah akun WhatsApp kalian sudah kebagian fitur ini, cukup cek pengaturan privasi yang ada di aplikasi WhatsApp. Kalau sudah tersedia, kalian bisa langsung menyembunyikan status online WhatsApp dengan cara berikut:

  • Pastikan kalian sudah tergabung dengan program WhatsApp beta
  • Unduh update WhatsApp beta untuk Android versi terbaru di Google Play Store
  • Buka aplikasi WhatsApp lalu ketuk menu dengan ikon tiga titik vertikal di sudut kanan atas
  • Setelah itu pilih menu Settings atau Setelan lalu pilih menu Akun
  • Pilih opsi Privasi yang berada di posisi paling atas
  • Di bagian atas halaman Privasi, kalian akan melihat opsi 'Terakhir dilihat dan online'
  • Pilih opsi tersebut untuk mengubah pengaturan Terakhir dilihat atau Last seen dan status online
  • Perlu dicatat bahwa siapa yang bisa melihat status online kalian mengikuti pengaturan Last seen, contohnya jika Last seen kalian hanya bisa dilihat oleh kontak, maka status online kalian tidak akan bisa dilihat oleh orang yang tidak ada di kontak
  • Pilih siapa saja yang bisa melihat status Last seen kalian, apakah semua orang; kontak saya; kontak saya, kecuali; atau tidak ada
  • Setelah itu pilih siapa saja yang bisa melihat status online kalian di WhatsApp, apakah semua orang atau sama seperti status Last seen.
Fitur sembunyikan status online WhatsApp sudah tersedia di IndonesiaFitur sembunyikan status online WhatsApp sudah tersedia di Indonesia Foto: Screenshot/detikINET

Satu hal lainnya yang perlu dicatat, jika kalian tidak membagikan status Last seen dan status online ke siapapun, maka kalian tidak bisa melihat status Last seen dan status online pengguna lain.

Belum diketahui kapan WhatsApp akan menggulirkan fitur ini kepada semua pengguna di luar beta tester. Setidaknya, WhatsApp sudah berjanji akan meluncurkan fitur ini dalam waktu dekat.



Simak Video "Fitur Baru di WhatsApp Ini Mudahkan Pengguna Kirim Chat Rahasia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT