Fitur Baru TikTok Now Disebut Nyontek BeReal

ADVERTISEMENT

Fitur Baru TikTok Now Disebut Nyontek BeReal

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 16 Sep 2022 22:11 WIB
TikTok Now
Foto: TikTok
Jakarta -

TikTok baru saja merilis fitur baru bernama TikTok Now. Cara kerja fitur baru ini mirip seperti aplikasi BeReal yang popularitasnya sedang menanjak.

Dalam postingan blognya, TikTok mengumumkan kehadiran fitur TikTok Now yang akan mengirimkan notifikasi harian kepada pengguna untuk mengambil foto atau video menggunakan kamera depan dan belakang sekaligus. Notifikasi ini akan muncul dalam waktu yang tidak menentu setiap harinya.

"Kami memperluas rangkaian alat kreasi kami sembari kami terus mendorong koneksi autentik dan spontan di TikTok," kata TikTok dalam postingan blognya, seperti dikutip dari The Verge, Jumat (16/9/2022).

Dari foto yang dibagikan oleh TikTok, fitur baru ini bisa diakses melalui tab khusus di bagian bawah yang terletak di samping tombol Home. Cara kerjanya mirip seperti BeReal, pengguna baru bisa mengunggah konten Now setelah mendapatkan notifikasi dari TikTok.

Pengguna diberi waktu tiga menit untuk mengunggah konten Now setelah mendapatkan notifikasi, untuk memastikan konten yang diunggah terkesan spontan. Pengguna yang ingin melihat konten yang dibagikan oleh keluarga dan temannya juga harus mengunggah kontennya sendiri terlebih dahulu.

Tapi berbeda dengan BeReal yang hanya bisa mengunggah foto, TikTok Now juga mendukung konten dalam bentuk video berdurasi 10 detik.

TikTok mengatakan mereka akan bereksperimen dengan fitur ini dalam beberapa minggu ke depan. Di Amerika Serikat, fitur TikTok Now akan tersedia di dalam aplikasi utama TikTok. Di negara lainnya, TikTok Now kemungkinan akan menjadi aplikasi terpisah.

Pengguna TikTok Now bisa membagikan videonya hanya untuk teman mutual tapi juga memiliki opsi untuk membagikannya ke komunitas TikTok yang lebih luas. Opsi ini juga yang membedakan TikTok Now dengan BeReal.

TikTok bukan satu-satunya platform media sosial yang menggarap fitur mirip BeReal. Instagram belum lama ini diketahui sedang mengembangkan fitur serupa bernama IG Candid.



Simak Video "Intip Keseruan Festival 'Serunya Indonesia' dari TikTok"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT