Apa Itu Google Docs, Cara Menggunakan dan Manfaatnya

ADVERTISEMENT

Apa Itu Google Docs, Cara Menggunakan dan Manfaatnya

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 31 Agu 2022 14:07 WIB
Google Docs
Apa Itu Google Docs, Cara Menggunakan dan Manfaatnya. Foto: Google
Jakarta -

Google Docs adalah fasilitas yang disediakan oleh Google secara gratis. Pengguna Google Docs bisa memanfaatkannya untuk kerja tim. Nah, kamu sendiri sudah tahu belum pentingnya Google Docs dan bagaimana cara menggunakannya?

Sebenarnya Google Docs sudah cukup lama hadir, Google Docs dirilis pada 9 Maret 2006. Fitur ini sebenarnya mirip-mirip dengan yang ada di Microsoft Word. Sehingga kalau kamu sudah biasa pakai Microsoft Word, artinya pakai Google Docs bisa jadi lebih mudah.

Manfaat dan Fitur Google Docs

Manfaat dan fitur yang ada di Google Docs mirip dengan Microsoft Word. Bedanya, pengguna bisa membuka akses dari lama file dan tinggal membagikan link ke orang lain. Orang lain tersebut bisa mengedit file tersebut, deh.

Ada juga fitur Sheets, Slides, Drawings hingga Forms. Jadi, kalau kamu mau membuat Power Point juga bisa dilakukan dengan fitur Google Slides.

Kamu bisa mengakses kapan pun dan di mana pun sehingga memudahkan pekerjaan. File-nya juga bisa langsung didownload dengan berbagai jenis format seperti .docx, .pdf, .txt, .rtf, .odt,hingga .html, zipper.

Untuk memakai Google Docs, kamu bisa mendownload aplikasinya di Google Play Store dan App Store. Selain itu, kamu bisa memakai laptop untuk mengakses Google Docs.

Cara Menggunakan Google Docs

Jika kamu sudah memiliki akun Google, maka tidak perlu khawatir. Kamu tinggal masuk ke akun Gmail dan langsung bisa membuat halaman.

Tak cuma dari aplikasi HP, kamu bisa langsung docs.google.com atau melalui sebelah pojok kanan atas di laman pencarian Google. Klik Docs yang berlogo warna biru.

Jika kamu ingin untuk mengerjakan pekerjaan bersama dengan orang lain, cukup untuk menekan tombol bagikan yang berada pada bagian pojok kanan atas. Kamu dapat mengatur apakah ingin mengundang melalui email atau langsung membuka akses dengan hanya membagikan link saja. Setelah itu, tinggal klik selesai dan Google Docs sudah dapat digunakan.



Simak Video " Instagram Bakal Uji Coba Fitur Foto Ultra-tall 9:16"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT