Asyik! Pengguna WhatsApp Bisa Tinggalkan Grup Tanpa Ketahuan

ADVERTISEMENT

Asyik! Pengguna WhatsApp Bisa Tinggalkan Grup Tanpa Ketahuan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 09 Agu 2022 14:35 WIB
Fitur privasi baru WhatsApp
Asyik! Pengguna WhatsApp Bisa Tinggalkan Grup Tanpa Ketahuan (Foto: dok WhatsApp)
Jakarta -

WhatsApp akhirnya meluncurkan fitur yang sudah lama dinanti pengguna. Kini pengguna WhatsApp bisa meninggalkan grup tanpa ketahuan anggota grup lainnya.

Fitur ini diumumkan langsung oleh CEO Meta Mark Zuckerberg. Dalam keterangan resminya, Zuckerberg mengatakan fitur ini diluncurkan untuk meningkatkan privasi pengguna dan memberikan lebih banyak kontrol atas percakapan mereka.

"Beberapa fitur privasi baru akan diluncurkan di WhatsApp: keluar dari grup tanpa notifikasi, mengontrol siapa yang dapat melihat saat Anda online, dan pemblokiran tangkapan layar untuk pesan sekali lihat," kata Zuckerberg dalam keterangan resmi yang diterima detikINET, Selasa (9/8/2022).

"Kami akan terus membangun cara baru untuk melindungi pesan Anda dan menjaganya tetap pribadi dan aman layaknya percakapan tatap muka," sambungnya.

Dengan fitur baru ini, pengguna WhatsApp bisa keluar dari grup secara diam-diam tanpa diketahui anggota lainnya. Notifikasi bahwa ada pengguna yang meninggalkan grup hanya akan bisa dilihat oleh admin grup.

Saat pengguna akan meninggalkan grup, WhatsApp akan menampilkan pesan pop-up yang menyatakan bahwa 'Hanya admin grup yang akan diberi tahu bahwa Anda keluar dari grup'. Fitur ini baru akan tersedia bulan ini.

Selain meninggalkan grup tanpa notifikasi, WhatsApp juga mengumumkan satu fitur lainnya yang juga sudah lama dinanti yaitu opsi untuk menyembunyikan status online.

Dengan fitur baru ini, pengguna WhatsApp bisa mengontrol siapa saja orang yang bisa melihat status online mereka, sama seperti kontrol untuk fitur last seen. Fitur ini akan diluncurkan bulan ini.

Untuk meningkatkan privasi pengguna, WhatsApp juga akan memblokir tangkapan layar atau screenshot untuk pesan sekali lihat. Pemblokiran ini berlaku untuk foto atau video yang dikirimkan lewat fitur view once, di mana foto atau video hanya bisa dilihat sekali setelah dibuka oleh penerima pesan.

Berkat fitur ini, WhatsApp berharap pengguna bisa berbagi pesan sensitif dengan lebih nyaman karena pesan yang mereka kirimkan tidak bisa disimpan menggunakan screenshot oleh penerimanya. Fitur ini sedang dalam tahap uji coba dan akan segera diluncurkan.

[Gambas:Youtube]



(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT