4 Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus di Android dan iPhone

ADVERTISEMENT

4 Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus di Android dan iPhone

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 08 Agu 2022 21:12 WIB
─░stanbul, Turkey - January 24, 2015: Hand holding a iPhone 5s displaying Whatsapp application on a white background. iPhone is a touchscreen smart phone produced by Apple Inc.
4 Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus di Android dan iOS Foto: iStock
Jakarta -

Chat WhatsApp tiba-tiba terhapus memang mengesalkan. Pengguna WhatsApp bisa saja kehilangan informasi penting yang dibagikan di chat, termasuk kontak, dokumen, foto, dan lain-lain.

Chat WhatsApp sendiri bisa hilang tiba-tiba karena berbagai faktor, misalnya saat pengguna pindah ke ponsel baru atau menghapus daftar chat-nya secara tidak sengaja.

Untungnya, WhatsApp memiliki cara mudah untuk mengembalikan chat yang terhapus. WhatsApp tidak menyimpan chat pengguna di servernya, tapi langsung di Google Drive atau memori internal di ponsel jadi riwayat chat yang hilang atau terhapus bisa dikembalikan dengan mudah.

Tapi sebelum mencoba mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus, pastikan dulu bahwa semua chat WhatsApp kalian sudah dicadangkan dengan mengikuti langkah sebagai berikut:

Cara backup chat WhatsApp di Android

  1. Buka aplikasi WhatsApp lalu ketuk menu tiga titik yang ada di pojok kanan atas dan pilih Settings > Chats > Backup
  2. Pilih akun Google yang ingin kalian gunakan untuk menyimpan backup chat. Kalian juga bisa membuat backup lokal dengan memanfaatkan memori internal
  3. Ketuk tombol Back Up
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses backup selesai.

Cara backup chat WhatsApp di iOS

  1. Buka pengaturan WhatsApp di iPhone lalu pilih opsi Chats > Chat Backup > Backup Now
  2. Kalian bisa mengaktifkan fitur backup otomatis yang sudah terjadwal dengan mengetuk 'Auto Backup' dan pilih frekuensi backup
  3. Chat dan media kalian akan dicadangkan ke akun iCloud dan kalian bisa memilih untuk memasukkan video ke backup atau tidak. Tunggu beberapa saat sampai proses backup selesai, tergantung pada ukuran backup dan koneksi internet.

Selanjutnya: Cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus>>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT