WhatsApp Mau Bikin Fitur Anti-dibajak

ADVERTISEMENT

WhatsApp Mau Bikin Fitur Anti-dibajak

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 07 Agu 2022 07:49 WIB
Jakarta -

WhatsApp kembali mengembangkan fitur keamanan baru untuk melindungi akun penggunanya agar tidak mudah dibajak. Fitur baru itu bernama 'Login approval'.

Fitur ini ditemukan oleh WABetaInfo di WhatsApp beta untuk Android versi 2.22.17.22. Saat ini fitur tersebut masih dalam tahap pengembangan dan belum tersedia untuk beta tester.

Sesuai namanya, fitur Login approval memungkinkan pengguna WhatsApp untuk menerima peringatan jika ada orang lain yang mencoba mengakses akunnya. Pengguna yang menerima peringatan ini bisa mengizinkan atau menolak permintaan login tersebut.

Fitur ini akan sangat berguna bagi pengguna yang tanpa sadar menjadi korban phishing akun WhatsApp. Jadi pengguna WhatsApp yang terlanjur memberikan kode one-time password (OTP) kepada orang tak dikenal bisa langsung menolak permintaan login tersebut.

Fitur Login approval di WhatsAppFitur Login approval di WhatsApp Foto: WABetaInfo

Selain itu, peringatan keamanan ini juga akan memberikan informasi pelengkap yang cukup berguna seperti waktu login dan informasi lain tentang ponsel lainnya, yang kemungkinan tentang jenis ponsel yang digunakan untuk login, seperti dikutip dari WABetaInfo, Minggu (7/8/2022).

Belum diketahui kapan fitur ini akan tersedia untuk beta tester karena saat ini masih dalam tahap pengembangan. Semoga saja segera dirilis oleh WhatsApp karena dari preview yang diungkap WABetaInfo fitur ini akan sangat membantu pengguna.

Jika dirilis, fitur Login approval akan menambah lapisan baru bagi keamanan akun WhatsApp milik dua miliar penggunanya. Saat ini pengguna WhatsApp bisa mengamankan akunnya dengan mengaktifkan two-step verification di mana pengguna akan diminta untuk memasukkan PIN saat login di perangkat lain.

WABetaInfo juga sebelumnya mengungkap kehadiran fitur kode verifikasi ganda yang sedang dikembangkan oleh WhatsApp. Dengan fitur ini, pengguna yang sudah memasukkan kode OTP dan berhasil login ke akunnya akan diminta untuk memasukkan kode OTP kedua yang dikirimkan lewat SMS.

(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT