Mark Zuckerberg Pamerkan Tampilan Baru Instagram yang Mirip TikTok

Mark Zuckerberg Pamerkan Tampilan Baru Instagram yang Mirip TikTok

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 18 Jun 2022 11:27 WIB
Tampilan baru feed Instagram yang mirip TikTok
Mark Zuckerberg Pamerkan Tampilan Baru Instagram yang Mirip TikTok Foto: Dok. Instagram
Jakarta -

CEO Meta Mark Zuckerberg membagikan preview tampilan baru feed Instagram dengan layar penuh yang mirip seperti antarmuka TikTok. Zuckerberg mengatakan tampilan baru ini sedang diuji coba dan akan tersedia untuk beberapa pengguna dalam waktu dekat.

Instagram sebenarnya sudah mulai menguji coba feed layar penuh bulan lalu, tapi uji coba terbaru ini membawa beberapa perubahan. Dalam uji coba sebelumnya postingan tidak benar-benar memenuhi semua bagian layar.

Tapi versi baru yang dibagikan oleh Zuckerberg di Instagram Story-nya memperlihatkan postingan video yang menutupi semua bagian layar hingga ke atas, mirip seperti video di feed TikTok, seperti dikutip dari The Verge, Sabtu (18/6/2022).

Deskripsi postingan, serta tombol untuk meninggalkan komentar atau menyukai postingan juga masih di bagian bawah tapi dibuat menyatu dengan video. Di bagian atas masih terdapat logo Instagram, tombol DM dan Compose yang dibuat mengambang mengikuti konten yang ada di layar.




Lewat update ini, bilah navigasi yang berisi tab untuk Explore, Reels, Shopping, dan Profile masih ditempatkan di bagian bawah layar. Tapi juru bicara Meta mengatakan pihaknya sedang berencana untuk menguji coba jalan pintas untuk membuat postingan baru atau mengirimkan pesan.

Saat feed layar penuh Instagram pertama kali diuji coba bulan lalu, banyak pengguna yang mengeluhkan tampilan konten foto yang jadi terlihat aneh di rasio 9:16. Untuk konten foto yang ukurannya tidak sesuai dengan feed, Instagram menambahkan gradien di bagian atas dan bawahnya agar terlihat menyatu dengan feed.

Menanggapi keluhan tersebut, Mark Zuckerberg mengatakan Meta sedang mencari cara untuk memperlihatkan konten foto dengan optimal di tampilan feed baru yang mengutamakan video ini.

"Foto masih menjadi bagian penting dari Instagram, dan kami sedang mencari cara untuk meningkatkan tampilannya di Feed layar penuh," kata Zuckerberg dalam Instagram Story-nya.

Uji coba ini merupakan langkah terbaru Instagram untuk bersaing dengan TikTok. Sebelumnya, Zuckerberg dan petinggi Meta lainnya sudah mengumumkan bahwa fokus Instagram akan beralih ke Reels, yang merupakan fitur video pendek pesaing TikTok.

Pada tahun 2020, Instagram bahkan menggusur tombol Compose yang sebelumnya ada di bilah navigasi bagian tengah dan menggantikannya dengan tombol Reels. Selain itu, Instagram juga memiliki program monetisasi konten Reels untuk kreator.



Simak Video "Meta Akan Ambil Komisi Hampir 50% di Metaverse"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/agt)