Fitur Baru TikTok, Mudahkan Pengguna Beri Kredit Untuk Kreator

Fitur Baru TikTok, Mudahkan Pengguna Beri Kredit Untuk Kreator

Josina - detikInet
Minggu, 22 Mei 2022 19:50 WIB
Tyumen, Russia - January 21, 2020: TikTok and Facebook application  on screen Apple iPhone XR
Foto: Getty Images/5./15 WEST
Jakarta -

TikTok meluncurkan fitur baru yang memudahkan pengguna untuk memberikan sebuah kredit pada kreator favorit karena melalui video buatannya telah memberikan inspirasi.

Nantinya adalah tombol baru di mana pengguna bisa menandai, menyebutkan, dan memberi kredit pada video dalam deskripsi. Tombol baru ini pun akan diluncurkan dalam beberapa minggu ke depan.

"Hari ini, kami memperkenalkan alat baru untuk lebih memungkinkan kredit pembuat konten dan atribusi yang adil untuk komunitas pembuat konten dan pembuat konten kami," Kata TikTok's Creator Community Director, Kudzi Chikumbu sebagaimana dikutip detikINET dari Engadget, Minggu (22/5/2022).

Fitur menandai satu sama lain sebenarnya sudah lama dapat digunakan pengguna, namun hadirnya fitur baru ini mendorong mereka memberikan kredit yang layak untuk karya asli dari sang kreator.

Saat pengguna meniru gerakan tarian, lelucon, meme, atau audio orang lain, menambahkan atribusi untuk video TikTok asli mereka akan lebih mudah.

"Fitur-fitur ini merupakan langkah penting dalam komitmen berkelanjutan kami untuk berinvestasi dalam sumber daya dan pengalaman produk yang mendukung budaya kredit, yang penting untuk memastikan TikTok tetap menjadi rumah bagi ekspresi kreatif," jelas Chikumbu.

Fitur ini muncul setelah banyak kreator kulit hitam pada bulan Juni 2021 telah meninggalkan TikTok. Mereka berhenti berbagi tantangan menari dan menyebut kurangnya penghargaan yang mereka terima dalam upaya untuk mendapatkan lebih banyak pengakuan.

TikTok juga mengatakan bahwa mereka sangat menekankan betapa pentingnya untuk menyertakan atribusi yang tepat untuk pencetus tren, termasuk tips trik tentang cara menemukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya oleh banyak orang.

Untuk menggunakan fitur tersebut, setelah pengguna membuat atau mengedit video TikTok ketuk ikon 'video' baru di halaman posting setelah itu pilih video yang disukai, favoritkan, posting, atau yang telah menggunakan suara yang sama.

Setelah video ini dipilih, TikTok akan menambahkan sebagai sebutan (tag) di caption. Tiktok akan menjelaskan fitur kredit setelah mengetuk ikon. Mereka yang videonya ditandai oleh konten kreator lain akan diberitahu saat salah satu video mereka diberi tag dengan cara tersebut.



Simak Video "Sebentar Lagi Bisa Main Game di TikTok"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)