Anak 10 Tahun Meninggal karena Challenge, Orangtua Gugat TikTok

Anak 10 Tahun Meninggal karena Challenge, Orangtua Gugat TikTok

ADVERTISEMENT

Anak 10 Tahun Meninggal karena Challenge, Orangtua Gugat TikTok

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 17 Mei 2022 22:16 WIB
Ilustrasi TikTok
Anak 10 Tahun Diduga Meninggal karena Challenge di TikTok, Orangtua Gugat. Foto: Techrum
Jakarta -

Seorang anak 10 tahun meninggal dunia diduga setelah mengikuti tren di TikTok 'Blackout Challenge'. Sang ibu pun melayangkan gugatan ke TikTok dan perusahaan induknya -- ByteDance.

Tawainna Anderson mengatakan bahwa anaknya, Nylah, tak sadarkan diri setelah mengikuti challenge tersebut. Lima hari mendapatkan perawatan intensif, anaknya menghembuskan napas terakhir pada 7 Desember 2021.

Anderson menyalahkan TikTok karena merasa adanya 'desain yang kurang sempurna' dari algoritma TikTok sehingga anaknya bisa terpapar konten itu.

"TikTok Blackout Challenge yang viral dan mematikan disodorkan di depan Nylah di For Your Page TikTok-nya... sebagai hasil dari algoritma TikTok," papar gugatan yang dilihat oleh NBC News, Selasa (17/5/2022).

"Algoritma Terdakwa TikTok menentukan bahwa Blackout Challenge yang mematikan dirancang dengan baik dan kemungkinan menarik bagi Nylah Anderson yang berusia 10 tahun, dan akibatnya dia meninggal," sambung gugatan itu.

Seperti namanya, tantangan 'Blackout' mengharuskan orang yang ikut untuk menahan napas atau membuat diri sesak napas dengan cara lain sampai pingsan. Gugatan itu menuduh bahwa ada empat kematian lain yang dikaitkan dengan tantangan tersebut.

Tentunya itu challenge yang bodoh dan berbahaya, sesak napas sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan ketidaksadaran bahkan kematian.

"Saya ingin meminta pertanggungjawaban perusahaan ini," ucap Tawainna dalam konferensi pers.

"Sudah saatnya tantangan berbahaya ini berakhir, keluarga lain tidak mengalami patah hati yang kita jalani setiap hari," lanjutnya.

TikTok belum mengomentari kasus ini, sebagaimana melansir IFL Science, tetapi dalam pernyataan sebelumnya TikTok mengatakan bahwa ini adalah tantangan yang mengganggu, yang tampaknya dipelajari orang dari sumber selain TikTok.

"Sudah lama ada sebelum platform kami dan tidak pernah menjadi tren TikTok," kata TikTok.

TikTok menambahkan bahwa mereka berkomitmen untuk menghapus konten yang terkait dengan 'Blackout Challenge' dari platform mereka.



Simak Video "TikTok Digugat Gegara Blackout Challenge Makan Korban Jiwa"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT