WhatsApp Uji Coba Fitur Filter untuk Mudahkan Cari Chat

WhatsApp Uji Coba Fitur Filter untuk Mudahkan Cari Chat

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 12 Mei 2022 08:15 WIB
Bangkok, Thailand - JUN 18, 2018: social medial app iPhone mobile phone with blue screen background technology business smartphone digital communication facebook and internet editorial
WhatsApp Uji Coba Fitur Filter untuk Mudahkan Cari Chat Foto: Getty Images/iStockphoto/Wiyada Arunwaikit
Jakarta -

Pengguna WhatsApp saat ini sudah bisa mencari chat hingga file tertentu dengan mudah menggunakan fitur Search atau Pencarian. Tidak berhenti sampai di situ, WhatsApp saat ini sedang mengembangkan fitur Filter untuk makin memudahkan proses pencarian chat.

Sebenarnya, fitur filter chat ini sudah digulirkan untuk akun WhatsApp bisnis sejak tahun lalu. Fitur ini tersedia di WhatsApp untuk Android, iOS, dan Desktop tapi tentu saja tidak bisa diakses oleh pengguna WhatsApp reguler.

Kini fitur tersebut sedang disiapkan untuk semua pengguna WhatsApp, tidak hanya pengguna bisnis. Saat ini fitur tersebut masih dalam tahap pengembangan tapi WABetaInfo sudah membagikan cuplikannya.

Dari screenshot yang diunggah oleh WABetaInfo, terlihat ada ikon baru di sisi kanan bilah pencarian. Jika diklik, ikon berbentuk piramida terbalik itu akan menampilkan empat kategori chat yaitu yang belum dibaca, dari kontak, dari non-kontak, dan grup.

Tampilan fitur Advanced Chat Filter di WhatsAppTampilan fitur Advanced Chat Filter di WhatsApp Foto: WABetaInfo

Pengguna bisa memilih salah satu dari empat kategori tersebut setelah memasukkan kata kunci yang ingin dicari. Screenshot tersebut juga memperlihatkan satu perbedaan antara fitur filter untuk akun bisnis dan akun standar.

Di akun WhatsApp bisnis, ikon filter hanya muncul jika pengguna membuka bilah pencarian. Sedangkan di akun standar, ikon tersebut dipindah ke bagian depan jadi bisa diakses bahkan saat tidak mencari chat dan pesan.

Meski screenshot ini diambil dari WhatsApp Desktop beta, WABetaInfo mengatakan fitur ini juga akan tersedia untuk WhatsApp beta Android dan iOS dalam update mendatang, seperti dikutip detikINET, Kamis (12/5/2022).

Untuk pengguna WhatsApp yang sudah tidak sabar ingin mencoba fitur ini jangan khawatir. Pasalnya, fitur filter ini sudah tersedia di WhatsApp beta UWP versi 2.2216.4.0 yang dirilis dua pekan lalu.



Simak Video "5 Fitur Baru WhatsApp, Salah Satunya Panggilan Sampai 32 Peserta"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)