5 Aplikasi Silaturahmi Online Buat yang Gagal Mudik Lebaran

ADVERTISEMENT

5 Aplikasi Silaturahmi Online Buat yang Gagal Mudik Lebaran

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 02 Mei 2022 06:35 WIB
Young woman having a video call with her colleagues during Covid-19 Coronavirus quarantine. Many people on the screen.
Foto: Getty Images/FilippoBacci
Jakarta -

Setelah dua tahun berlebaran di tengah situasi pandemi, tahun ini suasana Idul Fitri mulai kembali "normal" dengan diperbolehkannya mudik Lebaran. Tapi, banyak juga yang tidak jadi mudik karena kehabisan tiket dan alasan lainnya.

Tenang, di zaman modern seperti sekarang, tersedia banyak aplikasi yang bisa kalian manfaatkan untuk mengusir kesedihan karena tak dapat berkumpul secara langsung langsung.

Dirangkum detikINET dari berbagai sumber, berikut ini lima aplikasi online meeting yang bisa dimanfaatkan untuk tetap terhubung dalam silaturahmi Lebaran, meski jarak memisahkan.

1. Facebook

Hampir semua anggota keluarga biasanya memiliki akun Facebook. Jejaring sosial ini punya banyak fitur, mulai dari berbagi foto hingga chat messanger, bisa dimanfaatkan untuk membagikan momen Lebaran.

Apalagi sekarang sudah ada Messenger Rooms, di mana pertemuan online dapat dilakukan oleh hingga 50 partisipan. Panggilan di Messenger Rooms bisa dilakukan di aplikasi Messenger untuk mobile dan desktop secara gratis tanpa batasan waktu.

2. Zoom

Meski lebih sering dipakai untuk bekerja dari rumah, aplikasi video conference Zoom juga bisa digunakan untuk menyapa keluarga dan teman yang tidak bisa kkita kunjungi secara langsung. Meeting atau silaturahmi online melalui Zoom bisa menampung hingga 100 orang.

3. Instagram

Selain untuk berbagi foto dan video, Instagram juga bisa dipakai untuk silaturahmi online dengan memanfaatkan fitur Instagram Live dan Video Chat. Video chat bisa dilakukan dengan langkah: buka menu messages, sentuh ikon video chat, pilih 'Create a Room'.

4. Google Meet

Layanan video call ini bisa berlangsung hingga 60 menit, lebih lama 20 menit dibandingkan Zoom. Jumlah peserta video conference yang terlibat pun bisa sampai 100 orang.

5. Skype

Pelopor aplikasi video conference ini populer sejak zaman dulu. Skype memiliki fitur yang sederhana dan mudah dipakai. Platform ini bisa dipakai hingga 50 akun sekaligus.

Nah, silakan dipilih. Semoga aplikasi-aplikasi ini bisa sedikit mengobati kerinduan di tengah jarak yang memisahkan. Selamat Lebaran!



Simak Video "Menhub Klaim Angka Kecelakaan Mudik Lebaran 2022 Turun 40 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT