Pemudik Wajib Tahu! Ini Fitur Tersembunyi Google Maps

Pemudik Wajib Tahu! Ini Fitur Tersembunyi Google Maps

Tim - detikInet
Selasa, 26 Apr 2022 15:43 WIB
Google Maps
Google Maps. Foto: Google Indonesia
Jakarta -

Selain untuk menunjukkan arah, Google Maps punya banyak sekali fitur yang mungkin belum diketahui oleh sebagian penggunanya. Berikut di antaranya yang mungkin perlu disimak oleh para pemudik di musim mudik Lebaran 2022.

Seperti dihimpun detikINET dari berbagai sumber, Selasa (26/4/2022) inilah fitur yang harus Anda tahu:

1. Notifikasi batas kecepatan

Jika fitur Batas Kecepatan tersedia di lokasi Anda, misalnya di jalan tol, fitur Speedometer di aplikasi akan menginformasikan jika mengemudi terlalu cepat. Indikator kecepatan berubah warna jika melewati batas kecepatan.

Faktor eksternal dapat menyebabkan Speedometer Maps berbeda dengan kecepatan sebenarnya. Untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya, buka aplikasi Google Maps, ketik foto profil atau inisial Anda, ketuk Setting/Setelan. Lalu di bagian Opsi mengemudi, bisa aktifkan/nonaktifkan Speedometer.

2. Menambahkan tempat yang belum tercantum ke Google Maps

Dalam perjalanan mudik Lebaran 2022 atau di kampung halaman, mungkin akan ditemukan tempat yang menarik misalnya warung makan yang belum ada namanya di Google Maps.

Caranya mudah, buka aplikasi Google Maps, di bagian bawah klik menu Contibrute. Di sini, ada menu seperti edit peta, menulis review sampai menambahkan tempat. Klik fitur tambahkan tempat sesuai nama yang ada dan Google akan memverifikasinya.

3. Download peta Google Maps untuk digunakan offline

Selain digunakan online alias harus tersambung internet, Google Maps bisa pula dipakai secara offline dan tak perlu koneksi. Hal ini tentu berguna jika pemudik bepergian ke tempat yang internetnya lambat, tarif data mahal, atau tidak ada koneksi.

Buka Google Maps, klik akun foto profil atau inisial Anda di kolom search paling kanan. Dari menu yang ada, pilih offline maps (peta offline), lalu pilih lokasi yang ingin di-download. Makin luas area yang dipilih, maka akan makin banyak data yang akan diunduh. Google Maps akan mengunduh peta sesuai area yang dipilih itu.

3. Berbagi lokasi real-time Anda dengan orang lain

Dengan berbagi Lokasi Google, Anda dapat memilih siapa yang dapat menemukan lokasi Anda dan berapa lama, misalnya untuk menginformasikan Anda sampai di mana. Caranya, buka aplikasi Google Maps.

Ketuk foto profil atau inisial Anda, kemudian klik menu Berbagi Lokasi, dilanjutkan dengan Tambahkan orang. Pilih durasi waktu yang diinginkan untuk berbagi lokasi Google Maps dan ketuk profil orang yang akan menerima info lokasi Anda. Setelahnya, ketuk Bagikan.

Halaman selanjutnya: menggunakan fitur Street View >>>