8 Aplikasi Wajib Biar Mudik Lebaran 2022 Makin Asyik

ADVERTISEMENT

8 Aplikasi Wajib Biar Mudik Lebaran 2022 Makin Asyik

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 26 Apr 2022 06:15 WIB
Ilustrasi Smartphone
8 Aplikasi Wajib Biar Mudik Lebaran 2022 Makin Asyik. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Mudik sudah seakan jadi ritual wajib masyarakat Indonesia jelang lebaran, termasuk tahun ini di mudik Lebaran 2022. Nah, seiring pesatnya perkembangan teknologi, perjalanan mudik pun kini terasa lebih nyaman dan menyenangkan, termasuk dengan bantuan aplikasi.

Untuk mengoptimalkan perjalanan mudik Lebaran 2022, detikINET, Selasa (26/4/2022) coba merangkum sejumlah aplikasi 'wajib' yang bisa berguna sepanjang perjalanan. Apa saja? Simak daftarnya berikut ini:

1. PeduliLindungi

Mungkin sudah banyak yang instal aplikasi ini sejak pandemi Corona berlangsung. Namun tidak ada salahnya untuk memeriksanya lagi dan memastikan aplikasi PeduliLindungi dapat difungsikan dengan baik.

PeduliLindungi mungkin akan banyak digunakan, misalnya di lokasi-lokasi di mana pengunjung wajib untuk scan kode QR. Aplikasi ini juga menyimpan sertifikat vaksin Corona jika sewaktu-waktu diperlukan, juga informasi penting lainnya terkait perkembangan pandemi Corona.

2. Aplikasi Peta

Layanan peta dipastikan bisa jadi asisten utama bagi pemudik. Meski begitu, baiknya pemudik juga mengetahui jalan yang diarahkan oleh aplikasi peta, atau setidaknya tetap waspada. Karena bisa saja layanan peta menunjukkan jalan pedesaan atau sempit yang jauh dari keramaian.

Keputusan tetap ada di tangan pengguna untuk menentukan arah yang dianggap paling sesuai. Adapun aplikasi peta yang terbilang populer saat ini adalah Google Maps dan Waze. Bisa pula menggunakan layanan alternatif yang mumpuni seperti HERE WeGo.

3. Aplikasi CCTV

Setelah menggunakan aplikasi peta, ada baiknya kalau pemudik juga memanfaatkan layanan penampil CCTV. Layanan ini memungkinkan pengguna bisa melihat langsung kondisi jalan lewat sejumlah CCTV yang biasanya diletakkan di titik jalan yang dianggap penting dan banyak dilalui kendaraan.

Adapun aplikasi yang menawarkan layanan CCTV antara lain Travoy yang dibuat oleh PT Jasa Marga. Bisa pula mengakses website seperti RTTMC yang adalah singkatan dari Road Transport and Traffic Management Center.

4. Aplikasi Jalan Tol

Sudah pakai peta digital dan layanan CCTV untuk mudik, makin lengkap lagi kalau ditambah dengan aplikasi jalan tol. Ada beberapa aplikasi yang bisa dipilih seperti Travoy, atau BPJT Info Tol yang menginformasikan soal tarif tol.

Dengan aplikasi tol, pemudik bisa mendapat informasi mengenai kepadatan jalur tol yang ingin dilalui. Termasuk juga informasi bila terjadi kecelakaan dan panjang kemacetan.

Halaman selanjutnya, aplikasi pemesanan hotel>>

5. Aplikasi Pemesanan Hotel

Pemudik yang tujuannya cukup jauh mungkin harus mempertimbangkan aplikasi pemesanan hotel. Sehingga bila dirasa dibutuhkan istirahat, pemudik bisa secara instan mencari hotel terdekat dan melakukan pemesanan.

Banyak aplikasi pemesanan hotel yang bisa ditemukan di pasar aplikasi seperti Google Play dan App Store, misalnya saja Traveloka. Tinggal pilih mana yang paling sesuai kebutuhan pemudik.

6. Aplikasi Video dan Musik

Membunuh waktu di sepanjang perjalanan mudik bisa dilakukan pemudik dengan menginstal aplikasi streaming, video maupun musik. Sehingga perjalanan mudik yang memakan waktu menjadi tak membosankan.

Aplikasi video misalnya Netflix, Viu, YouTube tentu saja, 20 Detik dan lain-lain. Sedangkan aplikasi musik ada Spotify.

7. Aplikasi Game Kasual

Menginstal game-game casual juga bisa jadi pilihan pemudik di sepanjang perjalanan. Tercatat ada ratusan ribu game casual yang bisa dipilih pemudik di pasar aplikasi Play Store, maupun App Store.

Tinggal pilih game mana yang diinginkan. Contohnya misalnya game klasik Angry Birds. Tentunya pemudik bisa menginstal banyak game sekaligus selama perangkat yang digunakan memungkinkannya.

8. Aplikasi Berita

Sebagai tambahan informasi, pemudik juga bisa memanfaatkan aplikasi berita untuk memantau kabar terkini jalur mudik, misalnya aplikasi Detikcom. Oleh karenanya selain sejumlah aplikasi yang telah dijelaskan di atas, pemudik baiknya juga menyiapkan aplikasi berita di perangkatnya.

Jadi kalau ada kejadian apa, pemudik yang ada di perjalanan bisa mengantisipasi hal yang mungkin akan dihadapinya, seperti kemacetan, kecelakaan, dan lain-lain.

(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT