Apple Mulai Razia Aplikasi Jadul di App Store

Apple Mulai Razia Aplikasi Jadul di App Store

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 25 Apr 2022 20:41 WIB
Apple umumkan pemenang App Store Awards 2021
Apple mulai merazia aplikasi jadul di App Store (Foto: dok. Apple)
Jakarta -

Apple disebut mulai menghapus aplikasi-aplikasi lama di App Store yang sudah lagi mendapat pembaruan. Aksi Apple ini diketahui dari keluhan sejumlah developer yang aplikasinya menjadi korban.

Para developer itu mendapat notifikasi dalam bentuk email dari Apple yang berjudul 'App Improvement Notice', yang berisi peringatan kalau Apple bakal menghapus aplikasi dari App Store yang sudah tak diperbarui dalam jangka waktu yang signifikan, dan para developer pun diberi waktu 30 hari untuk memperbarui aplikasinya itu.

"Anda bisa membuat aplikasi ini tetap tersedia untuk diunduh dan ditemukan oleh pengguna baru di App Store dengan mengirimkan pembaruan untuk ditinjau dalam 30 hari," tulis Apple dalam emailnya itu.

"Jika tak ada pembaruan yang dikirimkan untuk ditinjau dalam 30 hari, aplikasi akan dihapus dari penjualan," tambah Apple.

Namun, aplikasi yang sudah diunduh oleh pengguna tak akan terdampak dan akan tetap bisa dipakai di perangkat pengguna. Langkah Apple ini hanya akan berdampak pada pengguna yang belum mengunduh aplikasi tersebut.

Aksi Apple ini dikeluhkan oleh sejumlah developer, salah satunya Robert Kabwe yang ada di balik Protopop Games, pembuat game Motivoto. Dalam keluhannya di akun Twitter @protopop tersebut, ia membandingkan game di App Store dengan game di konsol yang masih tetap ada meski sudah jadul.

"Ini tidak menyenangkan. Game konsol dari (tahun) 2000 masih tersedia untuk dibeli. Ini adalah hambatan yang tak adil untuk developer indie," keluhnya.

Sementara Apple punya pernyataan lain di laman App Store Improvements-nya. Di laman itu mereka menyebut tengah mengimplementasikan proses evaluasi aplikasi. Yaitu untuk menilai apakah aplikasi tersebut sudah tak lagi berfungsi sesuai tujuan awal, tak mengikuti aturan terbaru, atau sudah jadul, akan dihapus.



Simak Video "Sempat Menghilang, PeduliLindungi Kini Muncul Lagi di App Store"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)