TikTok Uji Coba Tombol Dislike untuk Komentar

TikTok Uji Coba Tombol Dislike untuk Komentar

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 14 Apr 2022 12:53 WIB
Tyumen, Russia - January 21, 2020: TikTok and Facebook application  on screen Apple iPhone XR
TikTok Uji Coba Tombol Dislike untuk Komentar Foto: Getty Images/5./15 WEST
Jakarta -

TikTok sedang menguji coba tombol dislike untuk komentar. Tombol ini ditujukan untuk membantu pengguna menandai komentar yang dianggap tidak relevan atau tidak pantas.

Tombol dislike ini bersifat private, artinya pengunggah komentar tidak akan mengetahui kalau pengguna lain tidak menyukai komentarnya. Pemberi komentar dan pengguna lain juga tidak bisa melihat berapa jumlah dislike yang diterima sebuah komentar.

Tiktok mengatakan tombol ini merupakan cara bagi pengguna untuk menandai komentar yang dianggap spam atau tidak relevan dengan konteks video. Aplikasi besutan Bytedance ini mengatakan tombol dislike bukan ditujukan untuk melaporkan komentar, dan pengguna harus menggunakan prosedur yang sudah ada untuk melaporkan komentar yang tidak pantas.

"Kami mulai menguji coba cara untuk memudahkan individu mengidentifikasi komentar yang mereka anggap tidak relevan dan tidak pantas," kata TikTok dalam postingan blog-nya, seperti dikutip dari TechCrunch, Kamis (14/4/2022).

"Feedback komunitas ini akan menambah berbagai faktor yang telah kami gunakan untuk membantu menjaga kolom komentar tetap relevan dan menjadi tempat untuk engagement yang nyata," sambungnya.

Beberapa pengguna TikTok yang terpilih untuk mengikuti uji coba ini telah mengunggah tampilan tombol dislike untuk komentar. Dari beberapa screenshot yang diunggah di Twitter, tombol dislike ini berbentuk emoji jempol ke bawah dan berada di samping ikon hati untuk menyukai komentar.

Berbeda dengan ikon hati, tidak ada nomor yang mengindikasikan jumlah dislike di samping ikon jempol. Saat ini fitur tersebut sedang diuji coba di beberapa negara tertentu, tapi belum diketahui kapan fitur ini akan digulirkan secara luas.

Selain tombol dislike, TikTok juga mulai bereksperimen dengan pengingat yang akan memandu pengguna menuju opsi untuk memfilter, memblokir, dan menghapus massal komentar. Pengingat ini akan muncul ketika pengguna menerima banyak komentar negatif di videonya.



Simak Video "Syarat Mutlak Influencer Bisa Dilirik Brand"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)