TikTok Uji Watch History untuk Lihat Video yang Pernah Ditonton

TikTok Uji Watch History untuk Lihat Video yang Pernah Ditonton

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 29 Mar 2022 19:20 WIB
Tyumen, Russia - January 21, 2020: TikTok and Facebook application  on screen Apple iPhone XR
TikTok Uji Coba Fitur Watch History untuk Lihat Video yang Pernah Ditonton Foto: Getty Images/5./15 WEST
Jakarta -

TikTok sedang menguji coba fitur baru bernama 'Watch History'. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat kembali yang pernah ditonton di laman For You (FYP) tapi tidak sempat disimpan.

Mengingat konten video di TikTok tidak pernah berhenti, fitur ini tentu sangat bermanfaat bagi pengguna yang menonton video tapi lupa menyukai atau menontonnya. Dengan fitur ini, TikTok berusaha menyediakan solusi untuk masalah tersebut.

Fitur ini ditemukan oleh pengguna Twitter Hammond Oh yang sering menemukan fitur baru yang sedang diuji coba oleh media sosial. Konsultan media sosial Matt Navarra kemudian ikut menyoroti fitur baru ini.

Dari screenshot yang diunggah oleh Hammond Oh dan pengguna lainnya mengindikasikan bahwa fitur Watch History di TikTok nantinya dapat diakses di bagian 'content dan activity' di pengaturan aplikasi.

Saat ditanya apakah TikTok berencana menguji coba dan menggulirkan fitur ini ke lebih banyak pengguna, aplikasi besutan ByteDance ini mengatakan tidak memiliki informasi tambahan untuk dibagikan.

"Kami selalu berpikir tentang cara baru untuk membawa value ke komunitas kami dan memperkaya pengalaman di TikTok," kata juru bicara TikTok, seperti dikutip dari TechCrunch, Selasa (29/3/2022).

Uji coba ini terungkap setelah beberapa pengguna TikTok menemukan jalan pintas untuk mencari video yang hilang. Belum lama ini pengguna TikTok @rachforaday mengunggah video yang berisi tips untuk mencari video yang pernah ditonton tapi lupa disimpan.

Video itu mengarahkan pengguna untuk masuk ke halaman Discover, klik Search, masukkan tanda bintang atau asterisk, masuk ke tab filter pencarian, dan aktifkan toggle 'watched videos'.

Begitu klik Apply, pengguna akan melihat daftar video yang pernah ditonton selama tujuh hari terakhir. Video instruksi tersebut langsung viral dan telah ditonton lebih dari 32 juta kali dan mendapatkan lebih dari 5,5 juta likes.

Metode lainnya adalah dengan mengunduh semua data pengguna dari aplikasi TikTok untuk mengakses file zip yang menunjukkan riwayat browsing video pengguna. Jika fitur Watch History ini diluncurkan, pengguna TikTok tidak perlu repot-repot lagi menggunakan cara yang rumit ini.



Simak Video "Sebentar Lagi Bisa Main Game di TikTok"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)