Fitur Baru WhatsApp Bikin Disappearing Messages Makin Aman

Fitur Baru WhatsApp Bikin Disappearing Messages Makin Aman

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 09 Apr 2022 19:45 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Fitur Baru WhatsApp Bikin Disappearing Messages Makin Aman Foto: dok. Rawpixel
Jakarta -

WhatsApp pertama kali mengenalkan fitur disappearing messages tahun lalu untuk meningkatkan privasi pengguna. Kini mereka meluncurkan pembaruan untuk fitur ini yang membuat pesan jadi lebih aman dan private.

Seperti diketahui, fitur disappearing messages memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan yang akan terhapus secara otomatis setelah durasi tertentu. Pengguna juga bisa mengirimkan media seperti foto, video, dan GIF lewat mode ini.

Dengan update terbaru untuk visibilitas media, WhatsApp tidak akan mengunduh foto atau media lainnya secara otomatis ke galeri ponsel jika fitur disappearing messages sedang aktif di chat.

Update ini ditemukan oleh WABetaInfo dan sudah tersedia di WhatsApp untuk Android dan iOS versi terbaru. Fitur ini mulai digulirkan ke semua pengguna dan akan aktif secara penuh dalam waktu dekat.

Dari screenshot yang dibagikan oleh WABetaInfo, WhatsApp kini mematikan opsi 'visibilitas media' untuk disappearing messages di WhatsApp untuk Android. Opsi itu memungkinkan pengguna mengunduh foto atau media lainnya dan menyimpannya di galeri secara otomatis.

Update baru WhatsApp bikin disappearing messages jadi lebih privateUpdate baru WhatsApp bikin disappearing messages jadi lebih private Foto: WABetaInfo

Tidak hanya untuk Android, WhatsApp juga merilis update serupa ke iOS di mana opsi untuk 'Save to Camera Roll' dimatikan secara otomatis jika fitur disappearing messages sedang aktif di chat.

Update ini dirilis untuk meningkatkan privasi pengguna saat menggunakan fitur disappearing messages dan membuat media jadi lebih private di chat, seperti dikutip dari WABetaInfo, Sabtu (9/4/2022).

Meski begitu, pengguna juga tetap bisa menyimpan foto atau media lainnya secara manual di chat dengan disappearing messages. Beberapa pengguna WhatsApp di Android sudah memiliki opsi tersebut, dan untuk WhatsApp di iOS pengguna juga bisa menyimpan media secara manual seperti biasa.

Ini bukan satu-satunya fitur WhatsApp yang ditujukan untuk membuat foto dan media lainnya jadi lebih private. WhatsApp juga memiliki fitur view once yang bisa menghapus foto atau video secara otomatis setelah dilihat sekali oleh penerima pesan.



Simak Video "5 Fitur Baru WhatsApp, Salah Satunya Panggilan Sampai 32 Peserta"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)