Netflix Bakal Untung Besar Jika Berbagi Akun Berbayar Dirilis

Netflix Bakal Untung Besar Jika Berbagi Akun Berbayar Dirilis

Josina - detikInet
Jumat, 25 Mar 2022 14:20 WIB
ILustrasi Netflix, ILustrasi Nonton, ILustrasi TV
Aplikasi Netflix. Foto: Photo by Joanes Andueza on Unsplash
Jakarta -

Belum lama ini, Netflix mengungkapkan tengah menguji fitur berbagi kata sandi (sharing password) dengan tambahan biaya. Pengujian ini dilakukan di beberapa negara seperti Chile, Kosta Rika dan Peru.

Ini berarti pengguna yang berlanggan paket Netflix dan kemudian membaginya ke orang lain namun tak serumah akan diberikan biaya tambahan. Seperti diketahui, Netflix mengizinkan berbagi kata sandi untuk mereka yang memang tinggal serumah.

Nantinya pengguna dapat menambahkan hingga dua akun tambahan di mana masing-masing akan dikenakan biaya sekitar USD 2-3 per bulannya dari paket standar ataupun premium.

Jika fitur ini resmi dirilis dan diterapkan, banyak yang memperkirakan Netflix akan mendapatkan untung besar bagi perusahaannya.

Melansir dari Ubergizmo, menurut analis AS Cowen & Co, mereka memperkirakan jika Netflix menerapkan rencana berbagi kata sandi berbayar ini di seluruh dunia, maka Netflix berpotensi menghasilkan USD 1,6 miliar atau sekitar Rp 22,9 triliun per tahun.

"Kami pikir upaya Netflix baru-baru ini mencerminkan perkembangan alami di pasar yang lebih matang dan dapat menambang pendapatan jika uji coba fitur ini diluncurkan secara global," kata Jonh Blackledge, analis Cowen and Co mengutip dari Variety.

Menurut survei bulanan Cowen terhadap 2.500 pelanggan di AS, sekitar 10% dari 116 juta rumah tangga broadband di negara tersebut merupakan orang-orang yang menonton Netflix namun bukan pelanggan berbayar.

Analis lainnya tak sependapat dengan perkiraan laba besar yang akan dicapai Netflix. Ada yang berpendapat bahwa fitur baru itu jika nanti benar-benar diterapkan, justru akan berdampak buruk pada pertumbuhan pelanggan atau mengkanibal pertumbuhannya.



Simak Video "Nostalgia! Serunya Nonton Masquerade Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)