WhatsApp Bakal Bawa Two-step Verification ke Desktop dan Web

WhatsApp Bakal Bawa Two-step Verification ke Desktop dan Web

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 24 Jan 2022 20:43 WIB
Panggilan suara dan vidoe lewat WhatsApp Desktop
WhatsApp Bakal Bawa Two-step Verification ke Desktop dan Web Foto: dok. WhatsApp
Jakarta -

WhatsApp akan meningkatkan keamanan pengguna di desktop dan web. Aplikasi messaging ini sedang menyiapkan fitur two-step verification atau verifikasi dua langkah untuk aplikasi desktop dan web.

Fitur baru ini ditemukan oleh WABetaInfo dan mash dalam tahap pengembangan. Sebelumnya fitur verifikasi dua langkah ini hanya tersedia di aplikasi WhatsApp untuk Android dan iOS.

"WhatsApp ingin mempermudah pengelolaan verifikasi dua langkah di mana saja, jadi mereka sedang berupaya untuk mengenalkan fitur ini di klien web/desktop di update mendatang," tulis WABetaInfo, seperti dikutip detikINET, Senin (24/1/2022).

Sama seperti pengaturan di aplikasi Android dan iOS, verifikasi dua langkah di WhatsApp Desktop dan web bisa diaktifkan atau dimatikan sesuai kebutuhan pengguna. Pengguna juga bisa mengubah PIN dan mengubah alamat email.

WhatsApp bawa verifikasi dua langkah ke desktop dan webWhatsApp bawa verifikasi dua langkah ke desktop dan web Foto: WABetaInfo

Verifikasi dua langkah merupakan fitur penting untuk menjaga keamanan akun WhatsApp dari akses yang tidak diinginkan. Jika fitur ini diaktifkan, saat pengguna login WhatsApp di ponsel baru mereka akan diminta untuk memasukkan kode enam digit yang dikirimkan ke nomor telepon dan PIN pribadi untuk masuk ke akunnya.

Saat ini jika pengguna login di WhatsApp Desktop atau web, mereka hanya perlu memindai QR code dan semua chat, foto, dan video akan langsung tersinkronisasi. Pengguna tidak perlu memasukkan PIN untuk menghubungkan akun WhatsApp-nya dengan aplikasi desktop atau web.

WhatsApp saat ini juga sedang menguji coba fitur multi-device, di mana pengguna bisa mengakses akunnya lewat desktop atau web bahkan saat ponselnya tidak aktif. Karena itu, menambahkan verifikasi dua langkah di desktop dan web akan memberikan perlindungan ekstra bagi pengguna.

Saat ini fitur verifikasi dua langkah untuk WhatsApp Desktop dan web masih dalam tahap pengembangan. Belum diketahui kapan fitur ini akan digulirkan untuk beta tester secara publik.



Simak Video "Hore! Kini WhatsApp Bisa Ajak 512 Orang Masuk ke Grup"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)