Pengguna Twitter Bisa Pasang NFT Jadi Foto Profil

Pengguna Twitter Bisa Pasang NFT Jadi Foto Profil

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 21 Jan 2022 20:49 WIB
Twitter NFT
Pengguna Twitter Bisa Pasang NFT Jadi Foto Profil Foto: dok. Twitter
Jakarta -

Sejak demam NFT, banyak pengguna Twitter yang memasang aset digital koleksinya sebagai foto profil. Kini Twitter menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna memasang NFT sebagai foto profil lengkap dengan bukti kepemilikannya.

Fitur ini hanya tersedia untuk pengguna yang berlangganan layanan Twitter Blue di iOS dan akan segera hadir untuk Android dan web. Twitter Blue sendiri baru tersedia di empat negara dan biaya berlangganannya sebesar USD 2,99 per bulan.

"Fitur baru ini menyediakan cara yang seamless dan user-friendly bagi orang-orang di Twitter untuk memverifikasi kepemilikan NFT mereka dengan memungkinkan mereka untuk langsung menghubungkan dompet kripto mereka ke Twitter dan memilih NFT dari koleksi mereka sebagai foto profil baru," kata Twitter dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari Mashable, Jumat (21/1/2022).

Dengan fitur baru ini, foto profil NFT yang sudah terverifikasi kepemilikannya akan ditampilkan dalam bentuk segi enam, bukan bulat seperti foto profil biasa.

Pengguna lain juga bisa mengklik foto profil tersebut untuk mengetahui informasi terkait NFT yang ditampilkan, seperti kreator, pemilik, deskripsi, dan detail lainnya.



Saat ini NFT yang didukung oleh Twitter terbatas hanya untuk aset yang dicetak di blockchain Ethereum. "Kami saat ini fokus pada Ethereum sebagai iterasi awal kami agar berjalan dengan baik sebelum pindah ke chain lain," kata juru bicara Twitter.

Pengguna Twitter yang ingin memasang NFT sebagai foto profilnya juga harus menghubungkan akun Twitter-nya dengan salah satu dari enam dompet kripto yang didukung yaitu Coinbase Wallet, Rainbow, MetaMask, Trust, Argent, atau Ledger Live.

Pemilik NFT saat ini memang sudah bebas untuk memasang aset koleksinya sebagai foto profil Twitter. Tapi dengan fitur ini mereka bisa menunjukkan kalau NFT itu benar miliknya karena saat ini juga muncul tren 'right-click and save' NFT milik orang lain untuk dijadikan foto profil.

Saat ini fitur Twitter tersebut masih dalam tahap pengembangan dan merupakan bagian dari fitur 'Labs' yang masih dalam fase awal. Belum diketahui kapan fitur ini akan digulirkan ke semua pelanggan Twitter Blue.



Simak Video "Elon Musk Tunda Kesepakatan Beli Twitter, Ini Alasannya"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)