Konami Ikut Jualan NFT, Laku Hingga Rp 2,3 Miliar

Konami Ikut Jualan NFT, Laku Hingga Rp 2,3 Miliar

ADVERTISEMENT

Konami Ikut Jualan NFT, Laku Hingga Rp 2,3 Miliar

Panji Saputro - detikInet
Kamis, 20 Jan 2022 15:13 WIB
Konami Ikut Trend NFT, Laku Hingga Rp 2,3 Miliar
Konami Ikut Trend NFT, Laku Hingga Rp 2,3 Miliar (Foto: Konami)
Jakarta -

Konami berhasil menjual NFT game Castlevania mencapai USD 162 ribu atau sekitar Rp 2,4 miliar. Ini dilakukannya dalam rangka merayakan ulang tahun ke-35, pada judul klasik besutannya di mana telah rilis sejak 1986.

Melalui platform OpenSea, bertajuk Konami Memorial NFT Collection, perusahaan game yang bermarkas di Jepang ini, melelang sejumlah karyanya dengan beragam harga. Total ada 14 artwork disuguhkan dan rata-rata senilai USD 12 ribu atau sekitar Rp 172 juta.

Untuk NFT dengan angka jual tertinggi, jatuh kepada Dracula Castle Pixel Art sebesar USD 26.538 atau sekitar Rp 381 juta. Lalu sebuah video highlight berdurasi 3 menit mampu meraup pendapatan hingga USD 17.518 atau sekitar Rp 251 juta, dikutip detikINET dari Video Games Chronicle, Rabu (19/1/2022).

Dari penjualan tersebut, OpenSea berhak mengambil komisi 2,5% dari setiap transaksi di situsnya. Dengan begitu, Konami bisa memperoleh total lebih dari USD 157 ribu atau sekitar Rp 2,2 miliar.

Konami sendiri menyampaikan, bahwa Memorial NFT Collection merupakan projek pertama di industri ini. Lalu ketika jumlah yang diterima dari lelang semakin besar, mereka menegaskan pasti akan kembali dengan penawaran lain.

Perusahaan game yang mengikuti trend menjual produk digital mereka sebagai NFT, bukan pertama kali dilakukan oleh pengembang Metal Gear dan Slient Hill tersebut. Sebelumnya, raksasa video game yang berbasis di Prancis, yakni Ubisoft, juga sudah ikut berpartisipasi.

Di Indonesia sendiri, NFT semakin digandrungi oleh masyarakat, sejak viral seorang pemuda asal Semarang yang berhasil menjual foto selfie hingga Rp 1,5 miliar. Total ada 933 foto yang ditawarkan dengan harga 0,001 ETH atau sekitar Rp 48 ribu.

Bernama asli Sultan Gustaf Al Ghozali, ia sudah melalukan kegiatan selfie itu sejak usia 18 hingga 22 tahun, dalam rentang waktu 2017 - 2021. Tujuan awalnya, yaitu untuk membuat timelapse perubahan dirinya dengan wajah datar dan sama setiap harinya.

Bila mengacu pada total koleksi fotonya, maka valuasi NFT milik Ghozali bernilai hampir Rp 12,6 miliar. Hanya saja menurut keterangannya, jika ada yang membeli Rp 20 juta, maka ia memperoleh 10% dan begitu terus. Sehingga yang ia peroleh sekitar Rp 1,5 miliar.

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.



Simak Video "Heboh Akun KPK Jualan Foto Koruptor di Marketplace NFT"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT