Instagram Uji Fitur Langganan, Cara Baru Influencer Dapat Cuan

Instagram Uji Fitur Langganan, Cara Baru Influencer Dapat Cuan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 20 Jan 2022 18:40 WIB
Instagram uji coba fitur Subscription
Instagram Uji Coba Fitur Subscription, Cara Baru Influencer Dapat Cuan Foto: Dok. Instagram
Jakarta -

Instagram saat ini sedang menguji coba fitur baru bernama Subscription. Dengan fitur baru ini, influencer dan kreator di Instagram bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari followers-nya.

Uji coba ini masih dalam fase awal dan terbatas hanya di Amerika Serikat. Instagram mengajak 10 kreator untuk berpartisipasi dalam uji coba ini, termasuk atlet bola basket Sedona Prince, atlet Olimpiade Jordan Chiles, dan astrologer Aliza Kelly.

"Saya bersemangat untuk terus membangun tools bagi kreator untuk mencari nafkah dengan melakukan pekerjaan kreatif dan membagikan tools ini ke lebih banyak kreator dalam waktu dekat," kata CEO Meta Mark Zuckerberg dalam postingannya di Facebook, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (20/1/2022).

Dengan fitur Subscription, influencer dan kreator bisa mendapatkan cuan dari biaya berlangganan yang dibayarkan oleh followers-nya. Sebagai gantinya, followers yang sudah menjadi subscriber bisa mendapatkan konten eksklusif dari kreator favoritnya.

Biaya berlangganan mulai dari USD 0,99 sampai USD 99,99 per bulan, dan kreator bisa memilih biaya berlangganannya masing-masing. Co-head of Product Instagram Ashley Yuki mengatakan Instagram tidak akan mengambil potongan dari pendapatan kreator sampai tahun 2023.

Head of Instagram Adam Mosseri menjelaskan fitur Subscription ini dibagi tiga yaitu Stories, Lives, dan Badge. Kreator bisa membagikan Stories dan Lives ekslusif untuk subscriber-nya dan konten itu nantinya bisa disimpan di highlight khusus untuk subscriber yang ditandai dengan lingkaran berwarna ungu.

Sama seperti Twitch dan YouTube, subscriber juga akan mendapatkan lencana khusus berwarna ungu yang akan ditampilkan di samping username mereka. Kreator bisa melihat lencana ini di komentar atau DM sehingga mereka bisa memberikan perhatian lebih untuk subscriber-nya.

Mosseri mengatakan Subscription bisa menjadi salah satu cara bagi influencer dan kreator untuk mendapatkan pemasukan yang lebih stabil. Mosseri sebelumnya pernah mengatakan bahwa Instagram akan fokus pada pengguna remaja dan kreator tahun ini, dan Subscription jadi salah satu fitur yang menyasar kreator.

Dengan menguji coba fitur Subscription, Instagram mengikuti jejak media sosial lainnya yang sudah meluncurkan fitur berlangganan. Pada tahun 2021, Twitter mengenalkan fitur Super Follows yang menawarkan sistem berlangganan mirip seperti Instagram.



Simak Video "Syarat Mutlak Influencer Bisa Dilirik Brand"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)