Pekerja Kontrak Meta Keluhkan Kondisi Tak Nyaman Bekerja

Pekerja Kontrak Meta Keluhkan Kondisi Tak Nyaman Bekerja

Josina - detikInet
Sabtu, 15 Jan 2022 20:55 WIB
Aplikasi Facebook
Foto: Unsplash/Kon Karampelas
Jakarta -

Bukan rahasia lagi jika Meta induk perusahaan Facebook, IG, WA dkk memperkerjakan pekerja kontrak untuk melakukan banyak pekerjaan berat dalam menegakkan kebijakan moderasi kontennya.

Meski bisa bekerja di perusahaan paling bernilai di dunia, namun para pekerja ini kerap mengeluhkan pekerjaan yang tidak sepadan dengan kompensasi dan kesehatan mental yang dihadapi.

Beberapa pekerja sekarang juga mengatakan bahwa mereka diperlakukan lebih buruk daripada pekerja lain.

Menurut BuzzFeed News, Genpact subkontraktor Meta yang sebelumnya dituduh mendorong kondisi kerja yang buruk, telah meminta moderator berbahasa Spanyol dari kantor Richardson, Texas untuk melaporkan pekerjaan langsung sejak April 2021.

Para pekerja itu harus mempertaruhkan kesehatan mereka terhadap varian virus corona delta dan omicron sementara rekan-rekan mereka yang berbahasa Inggris diizinkan untuk bersepeda di kantor dalam rotasi tiga bulan.

Berita tentang situasi di Genpact muncul hanya satu minggu setelah pekerja di Accenture, subkontraktor Meta lainnya berhasil memprotes untuk memaksa perusahaan membatalkan persyaratan untuk ratusan moderator Facebook untuk kembali bekerja secara penuh di kantor pada 24 Januari.

Kontraktor yang berbicara dengan BuzzFeed News mengklaim Genpact juga menerapkan standar yang tidak masuk akal. Mereka mengatakan mereka diharapkan untuk membuat keputusan moderasi dalam waktu sekitar satu menit sambil mempertahankan tingkat akurasi 85%.

Yang memperumit semuanya adalah fakta bahwa Meta dilaporkan tidak menyebarluaskan pedoman tentang cara menerapkan Standar Komunitas Facebook dalam bahasa selain bahasa Inggris, membuat para pekerja itu berada dalam situasi di mana mereka terpaksa menerjemahkan pedoman itu terlebih dahulu sebelum menerapkannya.

Ada skala masalah yang harus dihadapi tim. Tim moderasi bahasa Spanyol Genpact meskipun namanya Meksiko, tetapi selain memoderasi konten yang diposting oleh orang-orang yang tinggal di negara Amerika Utara, mereka juga bertanggung jawab atas posting Facebook dan Instagram dari pengguna berbahasa Spanyol di sebagian besar negara Amerika Latin juga.

Di Meksiko saja, Facebook memiliki lebih dari 84 juta pengguna. Sebaliknya, tim pasar Genpact Meksiko terdiri dari sekitar 50 individu.

"Kami menggunakan kombinasi teknologi dan orang-orang untuk menyimpan konten yang melanggar aturan kami dari platform kami, dan sementara AI telah membuat kemajuan di bidang ini, orang-orang adalah bagian penting dari upaya keselamatan kami," kata juru bicara Meta kepada Engadget seperti dilihat, Sabtu (15/1/2022).

"Kami tahu pekerjaan ini bisa sulit, itulah sebabnya kami bekerja sama dengan mitra kami untuk terus mengevaluasi cara terbaik untuk mendukung tim ini." tambahnya.



Simak Video "Setiap Orang Bisa Mencoba Kehidupan Virtual di Toko Meta"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)