4 Fitur Telegram yang Bisa Diandalkan untuk Kegiatan Belanja Online

4 Fitur Telegram yang Bisa Diandalkan untuk Kegiatan Belanja Online

ADVERTISEMENT

4 Fitur Telegram yang Bisa Diandalkan untuk Kegiatan Belanja Online

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 30 Nov 2021 07:44 WIB
Telegram ilustrasi
Foto: Freepik/@syifa5610
Jakarta -

Dengan semakin menurutnya angka COVID-19 di Indonesia, sekolah-sekolah di Tanah Air mulai menerapkan proses belajar secara online dan offline, atau kerap disebut hybird. Aplikasi Telegram dapat mendukung proses tersebut dengan sejumlah fitur yang dimilikinya.

1. Berbasis Cloud

Sebagai aplikasi pengiriman pesan yang berbasis cloud, guru dan murid dapat mengakses pesan mereka dari berbagai device dalam satu waktu, termasuk tablet dan komputer, serta mengirimkan foto, video, dan file yang tidak terbatas hingga 2 GB untuk masing-masing file.


2. Telegram Bot

Telegram memperbolehkan pengguna untuk membuat bot di dalam grup/channel mereka. Bot dapat melakukan tugas-tugas tertentu yang sudah ditentukan sebelumnya secara otomatis tanpa perlu bantuan pengguna. Dengan fitur ini, guru dapat membuat bot mereka sendiri sesuai dengan kebutuhan kegiatan belajar mengajar, misalnya bot untuk pengumpulan tugas, pertanyaan seputar tugas, atau kegiatan lainnya.

3. Jumlah Anggota Grup yang Besar

Telegram memiliki fitur grup yang mengizinkan pengguna untuk mengundang hingga 200.000 anggota. Bagi para guru dengan ratusan bahkan ribuan murid yang perlu dibimbing, fitur ini dapat mendukung kegiatan belajar mengajar, pengawasan, serta penyebaran informasi terkait kegiatan sekolah dari guru.

4. Video Call dan Rekaman

Selama proses belajar mengajar online, terkadang mengirimkan materi belajar lewat chat tidak cukup. Kebanyakan murid perlu mendapatkan penjelasan yang lengkap mengenai topik atau materi yang dipelajari, misalnya lewat video call.

Telegram menawarkan fitur video call yang mudah digunakan oleh guru untuk memberikan sesi pengajaran secara online. Terlebih lagi, video call dapat direkam dan disimpan hingga kapan pun.



Simak Video "Tunda Update Aplikasi, Apple Minta Telegram Hapus Fitur Telemoji"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT