Lark, Super App Buat WFH Makin Produktif

ADVERTISEMENT

Review Aplikasi

Lark, Super App Buat WFH Makin Produktif

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 28 Nov 2021 21:00 WIB
Lark
Lark, Super App Buat WFH Makin Produktif. Foto: Lark
Jakarta -

Kondisi pandemi membuat lebih banyak perusahaan menerapkan remote working untuk sebagian, bahkan seluruh karyawannya. Guna mendukung adaptasi work from home (WFH), dibutuhkan tools atau platform yang mendukung koordinasi tim agar efisien dan efektif.

Di antara banyak aplikasi tersebut, salah satunya ada Lark yang mengklaim diri sebagai platform kolaborasi digital all in one yang mudah dipakai, untuk membantu pengguna mudah bekerja dan berkoordinasi, di manapun mereka berada.

Tahun lalu, platform asal Singapura ini mengumumkan bahwa layanan mereka sudah tersedia secara gratis di kawasan Asia Tenggara termasuk Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, Thailand dan Vietnam.

Lark pun mengajak detikINET menjajal aplikasi ini. Karena keterbatasan waktu dan banyaknya fungsi di Lark, pengalaman menggunakan aplikasi ini mungkin ada yang terlewat diceritakan. Meski demikian, setidaknya lewat pengujian sekitar kurang lebih dua minggu, sudah berupaya mencakup fitur-fitur utama dan keunikannya.

Kenalan dengan Lark

Jika dilihat sekilas, Lark mirip dengan platform kolaborasi pada umumnya. Namun Lark mendefinisikannya sebagai "alat untuk mengubah cara orang bekerja".

Suryanto, selaku Lark Senior Professional Service Consultant for Indonesia, dengan percaya diri menyebut Lark adalah super app untuk platform kolaborasi yang bisa digunakan untuk kebutuhan bekerja jarak jauh.

"Di platform Lark, pengguna bisa mengakses Calendar, Docs, Messenger, Meetings, Cloud Storage, Email dan fitur lainnya dalam satu tempat, tidak perlu banyak aplikasi, semua di satu tempat. Ini adalah super app-nya untuk platform kolaborasi," ujar Suryanto dalam virtual meeting memperkenalkan Lark beberapa waktu lalu.

Alih-alih membuat kita harus bernavigasi keluar dan berpindah di antara aplikasi satu dengan lainnya, Lark mengintegrasikan semuanya ke dalam satu platform, sehingga tak perlu berganti aplikasi atau tab.

Lark bisa dipakai secara gratis. Adapun keuntungan yang didapatkan oleh pengguna berbayar adalah akses ke penyimpanan tak terbatas dan dukungan prioritas. Meski demikian, versi gratisnya pun rasanya sudah mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari.

Di versi gratis Lark, pengguna masih bisa melakukan video conference tanpa batasan waktu hingga 100 peserta, penyimpanan cloud bersama 200GB bersama, dan penyimpanan email 500GB antara seluruh perusahaan.

Seperti platform kolaborasi pada umumnya, Lark juga dapat digunakan pada perangkat yang berbeda. Lark tersedia di Apple App Store dan Google Play Store. Kalian tidak mau mendownload aplikasi pun bisa menggunakannya lewat desktop.

LarkFoto: Lark

Lark Messenger

Saat membuka Lark, fitur pertama yang akan muncul adalah Lark Messenger. Tak sekadar fitur chat, Lark menyediakan akses berbagai tool yang umumnya diperlukan ketika kita berkoordinasi saat bekerja.

Tak heran jika Lark menyebutnya fitur chat yang terintegrasi, karena di sini, sambil chat pengguna bisa melakukan banyak hal seperti mengatur rapat, memeriksa kalender rekan kerja, menandai pesan penting, mengatur pengumuman, mencari pesan, dan lain-lain.

Fitur ini sangat penting untuk berkoordinasi, komunikasi, atau update pekerjaan dengan cepat. Untuk diketahui, grup messenger di Lark bisa menampung hingga 5 ribu orang. Ada juga pencarian chat history yang tidak terbatas waktu, sehingga tak perlu khawatir pesan hilang atau tenggelam, dan tak repot scrolling chat lama.

Lark Messenger juga dibekali fitur penerjemahan chat secara otomatis ke lebih dari 100 bahasa. Di setiap obrolan, kita bisa mengaktifkan pengaturan untuk otomatis menerjemahkan semua pesan masuk ke bahasa yang digunakan. Ini bermanfaat bagi pengguna yang bekerja dengan orang berbahasa asing, sehingga menghilangkan hambatan berbahasa.

Masih ada lagi, ketika chat dengan teman, tersedia opsi untuk membuat Secret Chat. Fungsi ini sangat berguna misalnya untuk digunakan ketika mengirim one-time password akses tertentu perusahaan. Akan ada timer di pesan yang bisa diatur dalam hitungan menit, jam, hari atau pekan. Pesan akan otomatis menghilang setelah waktu yang ditentukan.

LarkFoto: Lark

Lark Docs

Lark Docs punya fungsi mengedit Dokumen Lark langsung dari chat tanpa perlu masuk ke tab yang berbeda. Misalnya, kalau biasanya editing dokumen hanya bisa dilakukan sendiri-sendiri dan offline, di Lark kita hanya perlu membuat satu file saja lalu share ke tim yang bekerja pada proyek terkait. Selanjutnya, semua bisa mengedit dokumen secara langsung dan real time dari perangkat apa saja sambil tetap berkoordinasi lewat chat atau langsung di dokumennya.

Baca juga: Kerja Produktif dan Efektif Tanpa Delay dengan Lark

Saat melakukan meeting online, kita juga bisa sambil membuat agenda rapat langsung ke dalam panggilan video, dan mengeditnya secara langsung menggunakan Magic Share. Dokumen tetap ada di chat Lark bahkan setelah video conference berakhir, dan mudah diakses lagi tanpa berpindah platform. Fungsi pencarian dalam chat juga bisa dipakai untuk mencari dokumen.

Selanjutnya: Lark Calendar, Lark Meetings, Lark Mail

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT