Terlalu Banyak Pakai Aplikasi Bikin Kerja Tak Fokus, Ini Solusinya!

Terlalu Banyak Pakai Aplikasi Bikin Kerja Tak Fokus, Ini Solusinya!

Terlalu Banyak Pakai Aplikasi Bikin Kerja Tak Fokus, Ini Solusinya!

Advertorial - detikInet
Jumat, 06 Nov 2020 00:00 WIB
adv lark
Foto: Dok. Lark
Jakarta - Penerapan work from home (WFH) memberikan fleksibilitas kepada pekerja untuk menyelesaikan tugas tanpa perlu presensi di kantor. Namun di sisi lain para pekerja menemui tantangan produktivitas saat bekerja dari rumah.

WFH membuat setiap pekerja membutuhkan lebih banyak aplikasi digital untuk tetap terhubung dengan rekan timnya. Mereka membutuhkan aplikasi untuk berkirim email, chatting, video conference, serta pengolahan dokumen yang dapat diakses bersama-sama.

Salah satu masalah yang ditemui para pekerja yakni terlalu banyak aplikasi yang harus digunakan untuk menunjang pekerjaan dan komunikasi. Berkirim email, chatting, mengolah dokumen, video conference, dilakukan melalui aplikasi berbeda. Peralihan dari satu aplikasi ke aplikasi menimbulkan distraksi yang dapat menurunkan produktivitas.

Melansir businesscloud.co.uk, konektivitas antar karyawan maupun departemen dalam perusahaan dapat terjalin efektif dengan memanfaatkan collaboration tools. Software tersebut memudahkan setiap individu maupun tim berkomunikasi satu sama lain, berkirim dokumen, hingga melakukan meeting online.

Berdasarkan laporan McKinsey Global Institute tahun 2012, collaboration tools mempercepat proses komunikasi dan kolaborasi dalam bekerja. Dengan platform kolaborasi, manajer dan tenaga profesional bisa meningkatkan produktivitas hingga 25 persen. Namun, untuk mencapai peningkatan produktivitas tersebut, perusahaan harus benar-benar mengoptimalkan penggunaan collaboration tools untuk komunikasi dan kolaborasi antar individu dan departemen.

Platform kolaborasi akan memangkas waktu karyawan untuk mengirim data secara terpisah via email, mengedit dokumen secara bergantian. Keuntungan lainnya, yaitu setiap karyawan antar divisi dapat berkomunikasi di satu aplikasi. Konektivitas yang memadai antar individu maupun tim dalam perusahaan akan memudahkan mereka berkomunikasi secara efektif dalam mengerjakan setiap proyek kolaborasi. Hal itu membuat produktivitas bekerja meningkat, dan dampaknya perusahaan bisa mendapatkan keuntungan lebih besar.

adv larkFoto: Dok. Lark

Solusi bekerja lebih mudah lewat collaboration tools dapat diperoleh dengan menggunakan platform Lark. Lark merupakan platform kolaborasi yang mendukung sinergi antar individu untuk bekerja optimal dalam sebuah tim.

Lark memiliki sejumlah fitur yang mendukung jalannya pekerjaan, antara lain Lark Messenger, Lark Docs, Lark Calendar, Lark Video Conferencing, Lark Mail, dan Lark Workplace.

Berikut ini ulasan setiap fitur di aplikasi Lark.

adv larkFoto: Dok. Lark

1. Lark Messenger

Lark Messenger dapat menampung hingga 5.000 anggota, sehingga komunikasi internal perusahaan dapat dilakukan dengan leluasa. Layanan perpesanan ini juga dilengkapi fitur unlimited searchable chat history, yang memungkinkan anggota baru untuk melihat riwayat diskusi yang ada sebelum bergabung.

Anggota Lark Messenger dapat menelpon, memeriksa jadwal rekan kerja, hingga berkirim foto, video, dokumen dalam jendela obrolan. Keunggulan lainnya, yakni Lark Messenger dapat menerjemahkan pesan secara otomatis lebih dari 100 bahasa ke dalam bahasa Inggris, China, Jepang, dan Thailand.

2. Lark Docs

Di dalam aplikasi Lark, terdapat fitur Docs Sharing. Dalam fitur itu, pekerja bisa membuat dan mengedit berbagai format dokumen berbeda, baik itu teks, angka, presentasi bersama-sama. Setelah itu file dapat disimpan ke cloud berkapasitas 200 GB yang dapat diakses untuk semua tim ketika mereka sign up Lark. Fitur Docs ini juga terintegrasi dengan fitur lain di Lark, termasuk fitur Messenger.

Dokumen yang dikelola di fitur Docs dapat langsung dikirim ke Lark Messenger dengan memberi akses lihat saja atau edit untuk anggota tim yang lain. Konektivitas tersebut akan menghemat waktu karyawan dan meningkatkan produktivitas kerja.

3. Lark Calendar

Aplikasi Lark memiliki fitur kalender yang terintegrasi antar anggota tim. Setiap orang bisa melihat jadwal rekan tim untuk menyesuaikan jadwal. Keistimewaan lainnya, pengguna bisa langsung membuka grup obrolan dengan anggota yang menghadiri jadwal di kalender dan membuat catatan rapat dengan klik jadwal di kalender.

Fitur kalender ini dapat disinkronisasi dengan kalender dari aplikasi lain, sehingga cukup membuat satu jadwal saja untuk semua aktivitas tim.

adv larkFoto: Dok. Lark

4. Lark Video Conference

Lark Video Conference dapat digunakan untuk meeting online hingga 100 peserta, dengan durasi tak terbatas. Peserta meeting dapat mengundang teman dengan cara membagikan meeting id ke grup chat di aplikasi yang sama. Selain itu, peserta juga bisa mengikuti meeting sekaligus mengatur jadwal di kalender, atau mengedit dokumen bersama-sama, sehingga meeting menjadi lebih efektif.

Lark Video Conference dapat menampilkan gambar panggilan video dengan latar belakang blur, sehingga privasi setiap peserta kian terlindungi. Selain itu, kebisingan latar belakang juga dapat dikurangi, agar interaksi dalam rapat tidak terganggu.

adv larkFoto: Dok. Lark

5. Lark Mail

Pengguna Lark dapat berkirim email di dalam aplikasi. Di Lark Mail, anggota tim bisa membuat satu email bersama-sama untuk saling melengkapi informasi maupun data sebelum dikirim ke anggota tim lainnya. Seluruh tautan email dapat langsung dibagikan melalui grup chat di aplikasi Lark atau mengirim email langsung ke obrolan grup. Lark Mail juga dapat disinkronisasi dengan Gmail untuk mengintegrasikan email, messenger, dan drive.

Itu dia fitur-fitur unggulan dari Lark dan berbagai kemudahan yang ditawarkan. Lark hadir sebagai one stop working application yang dapat meningkatkan produktivitas dan mengurangi stress pekerja karena terlalu banyak membuka aplikasi.

Temukan kemudahan bekerja dengan aplikasi Lark. Informasi lengkap mengenai platform Lark dapat dilihat di sini. (adv/adv)