7 Aplikasi Arah Kiblat yang Mudah Digunakan

7 Aplikasi Arah Kiblat yang Mudah Digunakan

Muhammad Akbar Syahputra - detikInet
Sabtu, 27 Nov 2021 22:45 WIB
3 yang harus diperhatikan saat cek arah kiblat
Ilustrasi arah kiblat (Foto: Fuad Hasyim/detikcom)
Jakarta -

Dalam perjalanan, umat Islam butuh mencari arah kiblat untuk salat. Inilah 7 aplikasi arah kiblat yang mudah digunakan.

Menghadap kiblat merupakan salah satu syarat sah untuk menjalankan salat. Ketika bepergian jauh dan ingin menjalankan salat di suatu tempat yang tidak kita ketahui arah kiblatnya, beberapa aplikasi di bawah ini dapat membantu detikers untuk mencari tahu arah kiblat dengan mudah.

Pada dasarnya, untuk menentukan arah kiblat dapat ditentukan menggunakan kompas atau penunjuk mata angin. Hal ini divalidasikan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), bahwa kompas sebagai alat navigasi bisa turut digunakan untuk menentukan arah kiblat.

Namun, kini sudah terdapat beberapa aplikasi yang bisa detikers temukan pada App Store ataupun Google Store. Berikut 7 aplikasi arah kiblat yang bisa dicoba:

1. Qibla Finder

Aplikasi arah kiblat Qibla Finder ini sudah didownload lebih dari 23 ribu pengguna di Google Play Store. Detikers juga bisa memilih tema desain saat menggunakan aplikasi pencari kiblat. Aplikasi arah kiblat ini tak hanya membantu penggunanya mencari kiblat yang langsung dengan melacak lokasi Kakbah, namun juga dapat menemukan kalender Islam yang akurat.

2. Muslim Pro

Aplikasi arah kiblat populer satu ini memiliki berbagai macam fungsi, tak hanya mencari kiblat namun juga menyediakan waktu sholat beserta adzan juga doa sehari-hari. Tak hanya itu, dengan aplikasi ini, detikers juga bisa mempelajari Al Quran serta terjemahannya.

3. Arah Kiblat 100%

Aplikasi arah kiblat ini menggunakan fitur GPS yang akan menentukan arah kiblat dengan akurasi tinggi. Detikers bisa menggunakan aplikasi ini saat mengunjungi tempat baru untuk menemukan arah kiblat.

4. Arah Kiblat Indonesia

Aplikasi arah kiblat ini sangat spesifik untuk menentukan arah untuk orang Indonesia. Fitur kompas di sebelah pencari kiblat ini bahkan tak memerlukan internet dan GPS.

5. Prayer Times and Qibla

Tak hanya menentukan arah kiblat, namun aplikasi satu ini juga bisa menjadi pengingat waktu salat. Aplikasi arah kiblat ini juga mendukung beberapa bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

6. Waktu Sholat, Imsak, dan Kiblat.

Waktu Sholat, Imsak, dan Kiblat bisa menjadi aplikasi yang paling diandalkan bagi banyak umat muslim. Lewat aplikasi ini, detikers tidak perlu khawatir lagi untuk menentukan arah kiblat. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki perhitungan waktu salat yang sangat akurat. Dan memastikan penggunanya tidak akan ketinggalan waktu salat.

7. Visual Qiblah

Visual Qiblah menjadi aplikasi yang begitu menguntungkan banyak umat Islam. Sebabnya aplikasi arah kiblat ini menghitung arah kiblat dari arah utara yang akurat dan mampu memberikan informasi tambahan soal arah kiblat. Aplikasi arah kiblat ini bahkan menggunakan rumus menghitung arah kiblat secara akurat untuk jarak 0,5 mm di Bumi.



Simak Video "Begini Cara Kerja Aplikasi Monitoring Karantina Bikinan Polri"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)