Instagram Uji Coba Gabungkan Konten Video Pendek Jadi Reels

Instagram Uji Coba Gabungkan Konten Video Pendek Jadi Reels

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 18 Nov 2021 07:15 WIB
Two unrecognisable Caucasian ethnicity females using their mobile phones together
Instagram Uji Coba Gabungkan Konten Video Pendek Jadi Reels Foto: (iStock)
Jakarta -

Instagram Reels terus berkembang pesat sejak diluncurkan di Indonesia pada bulan Juni lalu. Untuk menandai pertumbuhannya, Instagram pun menguji coba konsep video dan Reels terbaru di Indonesia.

Uji coba ini akan menyatukan semua konten video yang diunggah lewat feed dengan durasi di bawah 15 menit sebagai Reels. Video-video ini nantinya akan bisa diakses di satu tab khusus di profil bersama video Reels lainnya.

Manajer Komunikasi Instagram Asia Pasifik Putri Silalahi menjelaskan sistem baru ini akan mengubah semua video singkat yang diunggah lewat feed dan IGTV dengan durasi di bawah 15 menit sebagai konten Reels.

Karena menggunakan format Reels, video ini akan bisa diakses lewat tab Reels yang ada di halaman depan Instagram. Selain itu, Instagram akan menyediakan tab khusus video baru di profil yang bisa diakses pengguna untuk melihat konten video panjang buatan akun favoritnya.

Putri mengatakan untuk konten video pendek di Stories tetap hanya ditampilkan di Stories, begitu juga dengan video dari Instagram Live akan tetap sama. Sementara itu konten Reels yang dibuat menggunakan kamera Reels durasinya tetap dibatasi menjadi satu menit.

Instagram uji coba gabungkan video singkat jadi ReelsInstagram uji coba gabungkan video singkat jadi Reels Foto: Dok. Instagram

Country Director untuk Meta di Indonesia Pieter Lydian menjelaskan perubahan ini dikenalkan untuk membantu kreator dan pelaku bisnis di Indonesia menjangkau lebih banyak audiens, karena konten Reels lebih mudah untuk ditemukan oleh non-followers ketimbang postingan di feed atau Stories.

"Uji coba ini menjadi cara kami untuk menjawab keinginan pengguna kami di Indonesia yaitu memberikan video-video yang menghibur langsung di feed mereka, serta pengalaman menjelajahi konten video layar penuh dengan kualitas yang tinggi," kata Pieter dalam konferensi pers virtual, Rabu (17/11/2021).

"Uji coba ini juga akan mendukung kreator untuk membuat konten video yang lebih mudah karena mereka tidak perlu repot lagi memutuskan apakah saya membuat Reels, apakah saya membuat konten video biasa," sambungnya.

Saat ini uji coba konsep baru video di Instagram sedang dilakukan di Indonesia dan Jepang selama beberapa bulan ke depan. Dua negara ini dipilih karena melihat angka pertumbuhan Reels yang bergerak sangat cepat.



Simak Video "Kelebihan Fitur Reels di Instagram yang Disebut Mirip TikTok"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)