Instagram Akan Minta Pengguna Verifikasi Diri Pakai Video Selfie

Instagram Akan Minta Pengguna Verifikasi Diri Pakai Video Selfie

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 17 Nov 2021 15:02 WIB
Ilustrasi Instagram
Instagram Akan Minta Pengguna Verifikasi Identitas Pakai Video Selfie Foto: shutterstock
Jakarta -

Instagram akan meminta pengguna memverifikasi identitasnya menggunakan video selfie. Langkah ini sepertinya bertujuan untuk mencegah akun palsu dan bot yang banyak ditemukan di Instagram.

Fitur verifikasi baru ini pertama kali dilaporkan oleh konsultan media sosial Matt Navarra. Dalam cuitannya di Twitter, Navarra mengunggah screenshot halaman verifikasi baru Instagram yang meminta pengguna melakukan video selfie.

Pengguna Twitter lainnya @bettinamak juga mengunggah screenshot halaman panduan untuk mengambil video selfie. Dalam petunjuknya, Instagram meminta pengguna memperlihatkan wajahnya dari semua sudut untuk membuktikan mereka benar-benar manusia dan mengonfirmasi identitasnya.



Dalam keterangannya di bagian bawah layar, Instagram berjanji video ini tidak akan muncul di platform-nya dan akan dihapus setelah 30 hari. Perusahaan induk Instagram, Meta, juga mengatakan mereka tidak akan mengumpulkan data biometrik pengguna atau menggunakan teknologi pengenal wajah.

Hal ini cukup mengejutkan mengingat Meta belum lama ini mengumumkan mereka akan mematikan salah satu fitur pengenal wajahnya. Tapi Meta kemudian mengklarifikasi bahwa yang dimatikan adalah fitur Facebook yang spesifik, bukan semua sistem pengenalan wajahnya.

Instagram sebenarnya telah mengembangkan fitur video selfie untuk verifikasi identitas sejak tahun lalu. Mereka pertama kali menggulirkan fitur ini pada bulan Agustus tahun lalu, tapi ditarik kembali karena masalah teknis.

Tidak diketahui apakah fitur video selfie ini masih dalam tahap uji coba atau sudah digulirkan secara bertahap. Belum diketahui juga apakah fitur ini hanya berlaku untuk akun baru atau semua pengguna.



Simak Video "Baru! Ini Cara Hapus Foto Multiple Setelah Posting di Instagram"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)