WhatsApp Integrasikan Novi Untuk Pembayaran Digital

WhatsApp Integrasikan Novi Untuk Pembayaran Digital

Josina - detikInet
Rabu, 10 Nov 2021 07:45 WIB
FILE PHOTO: The WhatsApp messaging application is seen on a phone screen August 3, 2017. REUTERS/Thomas White/File Photo
WhatsApp Integrasikan Novi Untuk Pembayaran Digital. Foto: Dok. REUTERS/Thomas White/File Photo
Jakarta -

Saat ini WhatsApp mendukung pembayaran digital P2P (peer-to-perr) di India dan Brasil yang memungkinkan penggunanya dapat mengirimkan uang kepada anggota keluarga atau melakukan pembayaran dalam pembelian.

Tetapi kini, layanan pembayaran digital di WhatsApp akan diintegrasikan dengan dompet digital besutan Meta yakni Novi.

Pada bulan lalu situs XDA-Developers menemukan sebuah kode pada WhatsApp versi beta yang menginformasikan jika layanan pembayarannya akan mulai memerlukan verifikasi dokumen untuk mengirim uang menggunakan aplikasi.

Dalam ungkapan terbaru dari versi aplikasi yang lebih update, saat ini tampaknya verifikasi tersebut terkait dengan integrasi baru dengan aplikasi dompet digital Novi.

Rangkaian kode yang ditemukan dipusatkan di sekitar proses verifikasi dan semuanya diberi label dengan "novi". Kode ini sejalan dengan laporan sebelumnya oleh WABetaInfo yang memposting tangkapan layar yang membuktikan bahwa WhatsApp sedang dalam proses menguji integrasi Novi dalam aplikasi perpesanan WhatsApp.

Novi saat ini tersedia untuk diunduh dan ada program percontohan yang sedang berlangsung untuk pengguna di AS dan Guatemala.

Novi memungkinkan pengguna mengirim dan menerima uang tanpa biaya lintas batas dengan menggunakan Pax Dollar, koin digital yang didukung oleh dolar AS. Novi tercatat telah menunjukkan niat untuk membuat sistem pembayarannya aman dan terenkripsi, kemungkinan ini alasan yang mengharuskan penggunanya memverifikasi identitas mereka sebelum dapat menggunakan sistem pembayarannya.

Persyaratan verifikasi ini hanya akan terbatas pada wilayah tempat WhatsApp berencana menggunakan Novi untuk pembayaran. Sementara itu, WhatsApp India menggunakan UPI untuk pembayaran sehingga pengguna di India tidak perlu menyerahkan dokumen verifikasi untuk terus mengirim atau menerima uang.

Dilansir detiKINET dari GSM Arena, tidak ada batas waktu kapan pengguna dapat mulai mengirim pembayaran dan tidak jelas wilayah mana yang siap untuk integrasi Novi ke WhatsApp.



Simak Video "WhatsApp-Instagram-Facebook Tumbang!"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/rns)