Gegara Pesan WhatsApp, Pria Ini Tertipu Hampir Rp 100 Juta

ADVERTISEMENT

Gegara Pesan WhatsApp, Pria Ini Tertipu Hampir Rp 100 Juta

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 09 Nov 2021 06:50 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Foto: dok. Rawpixel
Jakarta -

Berhati-hatilah saat menerima pesan WhatsApp dari orang tak dikenal meski isinya tidak mencurigakan. Bila tidak akan bernasib sama dengan pria ini yang tertipu hampir Rp 100 juta gegara pesan WhatsApp berisikan ucapan 'Selamat Pagi'.

Menurut keterangan Kantor Polisi Govindapura, India, seorang pria asal Bengaluru mengaku telah menerima pesan teks di WhatsApp bertuliskan 'Selamat Pagi' dari orang yang tak dikenal selama dua tahun terakhir. Bila ditotal dia telah menerima hampir 20 pesan.

Pada 8 Oktober pukul 18.30 waktu setempat, pria berusia 50 tahun itu dilaporkan menerima pesan yang sama, namun kali ini dilengkapi lokasi sang pengirim. Penasaran, dia pun pergi menemui sang pengirim pesan yang lokasinya di sebuah hotel dekat Veeranapalya pada pukul 22.30.

Betapa terkejutnya saat pria itu sampai di kamar nomor 212. Dia disambut oleh tiga orang di dalam kamar yang mengaku sebagai polisi dan menuduh si pria sebagai pengedar narkoba.

"Mereka merampas kartu kredit, ponsel, dan dompet saya. Kemudian mereka memaksa saya untuk membuka ponsel menggunakan sidik jari. Kemudian salah satu pelaku mengetik sesuatu di ponsel saya," ujar si pria seperti dilansir dari India Times.

Setelahnya, ketiga polisi gadungan tersebut mengunci si pria dalam kamar hotel dan pergi. Untungnya dia kemudian berhasil kabur.

Namun setibanya di rumah dia mendapati tabungannya sudah digasak. Total 5 lakh rupee atau sekitar Rp 96,2 juta berhasil ditransfer ke rekening pelaku.

Pria tersebut kemudian melapor ke polisi. Berdasarkan informasi dari pelapor, polisi telah menangkap satu tersangka, sedangkan dua lainnya buron.

Jadi hati-hati ya detikers kalau menerima pesan WhatsApp dari orang yang tidak dikenal. Jangan sampai nasibnya sama dengan pria di atas.



Simak Video "WhatsApp Kembangkan Fitur Keamanan Terbaru"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT