WhatsApp Siapkan Fitur Komunitas, Bikin Admin Grup Lebih Berkuasa

WhatsApp Siapkan Fitur Komunitas, Bikin Admin Grup Lebih Berkuasa

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 08 Nov 2021 08:22 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Foto: dok. Rawpixel
Jakarta -

WhatsApp dikabarkan tengah merilis fitur baru bernama Komunitas. Fitur tersebut membuat admin lebih banyak kekuasaan atas grup.

Awalnya fitur tersebut ditemukan oleh XDA Developers pada Oktober silam. Kini laman WABetaInfo telah memastikan keberadaan fitur tersebut.

Disebutkan kalau WhatsApp masih mengembangkan fitur tersebut di Android dan iOS. Pengujian pun dilakukan di kalangan internal, karenanya belum ditemukan di versi beta.

Dengan Komunitas, admin bisa membuat grup dalam grup. Selain itu admin dapat mengundang pengguna baru lewat link dan kemudian mulai mengirim pesan ke anggota lain.

Terkait keamanannya, WABetaInfo memastikan kalau percakapan telah dienkripsi end-to-end.

Soal tampilannya sendiri terlihat adanya sedikit perubahan dari obrolan grup biasa. Seperti yang ditunjukkan WABetaInfo , ikon komunitas akan berbentuk kotak dengan sudut membulat.

WhatsApp Siapkan Fitur Komunitas, Bikin Admin Grup Lebih Berkuasa Foto: WABetaInfo

Format sudah sempat diaktifkan oleh WhatsApp namun kemudian dinonaktifkan pada bulan Oktober.

Belum diketahui kapan WhatsApp akan merilis fitur barunya ini. Namun keberadaan fitur Komunitas akan makin memperpendek kesenjangan antara WhatsApp dengan kompetitornya, yakni Telegram dan Signal, demikian dilansir dari The Verge, Senin (8/11/2021).



Simak Video "WhatsApp Rilis Fitur Baru Joinable Call"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)